Pandemi Virus Corona Berhasil Tingkatkan Pengangguran di Negeri Ginseng
Foto: SHRM

Pandemi Virus Corona Berhasil Tingkatkan Pengangguran di Negeri Ginseng

Jumat, 17 Apr 2020 | 10:10 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Tingkat pengangguran Korea Selatan naik sedikit di bulan Maret 2020, tetapi tingkat partisipasi tenaga kerja mencatat penurunan paling tajam sejak 2009 karena permintaan tenaga kerja anjlok karena pandemi virus corona.

Mengutip Kontan.co.id, Jumat (17/4), tingkat partisipasi, yang mengukur mereka yang bekerja atau mencari pekerjaan, ada di level 62,2% pada bulan Maret lalu. Posisi ini turun 0,9 poin dari tahun sebelumnya, dan menjadi penurunan tercepat sejak April 2009 selama krisis keuangan global.

Tingkat pengangguran di Negeri Gingseng pada bulan lalu adalah 3,8%. Berdasarkan data yang dikeluarkan Biro Statistik Korea, Jumat (17/4), posisi tersebut lebih tinggi dari tingkat pengangguran bulan Februari yang masih 3,3%. 

Jumlah pekerjaan baru di Korea Selatan sebanyak 26,6 juta pada bulan Maret. Angka ini pun 195.000 lebih sedikit dari tahun sebelumnya, dan menandai penurunan pada tahun pertama sejak 2010.

"Tenaga kerja mungkin menyusut lebih lanjut pada bulan April, karena akan jauh lebih buruk untuk ekspor," kata Lee Sang-jae, seorang analis di Eugene Investment & Securities.

Ekonomi terbesar keempat Asia itu bisa berkontraksi tahun ini karena permintaan global untuk barang-barang Korea turun, sementara jumlah pekerjaan bergaji rendah di sektor konstruksi dan ritel yang terkena dampak perlambatan diperkirakan akan meningkat.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...