Panduan Mini Wisata ke Kamboja

Panduan Mini Wisata ke Kamboja

Wisata di Kamboja menawarkan banyak kecantikan masa lalu.

Berikut sedikit cara untuk menikmati Kamboja.

Obyek Wisata

Destinasi wisata d Kamboja dipenuhi oleh arsitektur dan bangunan tua bersejarah. Awali wisata dari Phnom Penh, ibu kota Kamboja. Beberapa tempat yang dapat dikunjungi adalah Royal Palace dan National Museum. Royal Palace sendiri menampilkan bangunan bergaya Khmer, suku asli Kamboja.

Jika ingin menikmati kearifan agama Hindu dalam bentuk kota, kunjungi Angkor Wat. Tempat ini sering disebut dengan Kota Kuil. Masyarakat bahkan menganggapnya sebagai representasi surga di bumi.

Atau, menjelajah ke utara dekat perbatasan Thailand. Kunjungi Prasat Preah Vihear yang dibangun untuk menghormati Dewa Siwa.

Untuk merasakan nuansa lokal yang khas, bisa juga mengarah ke kawasan selatan yaitu ke Takeo. Di sini, masyarakat tidak berbelanja, mereka memetik sendiri kebutuhan mereka. Jangan khawatir mencari tempat menginap, ada banyak homestay yang dapat dipilih.

Kuliner

Jika mencari tempat makanan, salah satu tempat yang dapat dicoba adalah rumah makan Romdeng yang terletak di Phmon Penh. Di sini pengunjung dapat menikmati beragam olahan ikan dan kari. Atau jika berani, coba pesan tarantula goreng, rayap goreng, atau daun ruku-ruku (Ocimum tenuiflorum).

Festival

Kamboja memiliki beberapa perayaan besar. Beberapa di antaranya Tahun Baru Khmer, yang jatuh pada 13 April. Royal Ploughing Ceremony, upacara sebagai tanda awal musim tanam dan diadakan setiap Mei di depan museum nasional.

Ada juga Pchum Ben Day yang diadakan selama 15 hari dari bulan September ke Oktober. Coba juga Festival Air yang diadakan setiap bulan November. Beberapa perayaan memiliki tanggal tak tetap, tergantung kondisi bulan.

Transportasi

Untuk masuk ke Kamboja dengan pesawat, ada dua pilihan kota tujuan yaitu Phnom Penh dan Siem Reap. Sementara untuk kendaraan dalam negeri, ada cyclo (becak), moto (ojek), taksi, rotei ses (dokar), dan pick-up (angkutan umum). Jangan kaget jika melihat motor yang menarik gerobak panjang berisi penumpang belasan orang. Untuk antar kota ada bus umum.

Waktu berkunjung

Sebagai negara tropis, sepanjang tahun Kamboja bisa menjadi pilihan untuk berwisata. Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal, bisa datang di musim kemarau. Jika ingin menikmati festival air yang paling populer di Kamboja, maka datanglah di bulan November. Untuk tanggal sendiri tak tetap, bergantung pada bulan.