Panjangnya Sampai 2,4 Km, Terminal 3 Ultimate Dapat Tampung 25 Juta Orang

Panjangnya Sampai 2,4 Km, Terminal 3 Ultimate Dapat Tampung 25 Juta Orang

Kamis, 21 Apr 2016 | 19:52 | Rike
WinNetNews.com-Pembangunan Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang dikebut terus. Tahap awal, Terminal 3 Ultimate dapat beroperasi pada Mei 2015 tapi pengoperasian penuh (full operation) baru dilakukan di bulan Maret 2017.

Ketika beroperasi penuh, Terminal 3 Ultimate bakal menyatu dengan terminal 3 eksisting yang telah beroperasi kini."Terminal 3 yang sekarang beroperasi sebenarnya bagian dari Terminal 3 Ultimate. Jadi nanti akan sambungkan dua terminal ini," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II), Budi Karya Sumadi ditemui di Lokasi Proyek Terminal 3 Ultimate, Tangerang, Banten, Kamis (21/4/2016).Nanti untuk penyatuannya, Terminal 3 eksisting yang kini telah beroperasi bakal ditutup sementara untuk jalani tahap penyesuaian konstruksi."Jadi nanti pas bulan Mei-Juni Terminal 3 Ultimate beroperasi, yang Terminal 3 eksisting (yang sekarang sudah beroperasi) akan ditutup dulu. Kemudian akan dibangun bangunan penghubungnya yang kalau dari jalan berarti di sebelah kiri gedung Terminal 3 Ultimate," tambah dia.

Penggabungan akan membuat Terminal 3 Ultimate pada Maret 2017 mendatang, miliki daya tampung yang sangat luas. Panjang terminal dapat mencapai 2,4 kilometer (km). Dengan luas tersebut, Terminal 3 Ultimate bisa menampung 25 juta orang penumpang per tahun."Nanti kalau sudah menyatu, dari ujung ke ujung panjangnya sekitar 2,4 km. Lumayan olahraga mondar-mandir," ujarnya. Dengan daya tampung yang demikian luas, Terminal 3 Ultimate bisa memanjakan para penumpang.

Selain itu, Terminal 3 Ultimate akan dilengkapi garbarata yang dapat melayani pesawat super jumbo Airbus 380. Untuk konektivitas ke terminal, AP II bakal membangun fasilitas seperti kereta tanpa awak atau Automated People Mover System (APMS) yang siap antar penumpang dari satu terminal ke terminal lain di Bandara Soetta. AP II pun akan membangun hotel transit berkapasitas 400 kamar.

Sumber&foto:detik.com

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...