Panorama Pantai Kedung Tumpang, di Pucanglaban, Jawa Timur

Liani
Liani

Panorama Pantai Kedung Tumpang, di Pucanglaban, Jawa Timur

Kondisi pantai yang alami, deburan ombak, dan kolam-kolam alami di atas hamparan karang menjadi pesona yang menakjubkan wisatawan meski infrastruktur masih minim.

Kolam-kolam dengan bentuk tidak beraturan itu memiliki tinggi permukaan berbeda satu sama lain, dan terbentuk secara alami. Inilah yang mendasari masyarakat setempat menyebut tempat itu sebagai kedung (lubuk atau bagian sungai yang dalam) dan tumpang lantaran lokasinya yang bersusun.

”Kikisan ombak di batunya bagus, seperti yang saya lihat di Instagram,” ujar Lina yang mengaku mengetahui keberadaan pantai yang berjarak lebih dari 150 kilometer dari Surabaya itu dari media sosial. Menurut Lina, yang sering mengunjungi pantai-pantai di Jatim, Kedung Tumpang berbeda dengan pantai lain. Selain memiliki kolam yang warnanya indah, pantai ini juga masih asli dan belum banyak tersentuh tangan manusia.

Untuk menuju bibir pantai, pengunjung juga harus menyusuri jalur yang cukup curam dan berat. Treknya menuruni bukit dengan kemiringan bervariasi, ada yang sekitar 45 derajat. Lebar jalannya hanya setapak dan melintasi lahan yang didominasi bekas tanaman singkong, pisang, dan jagung.

Inisiatif warga

Kedung Tumpang diapit oleh dua pantai, yaitu Pantai Molang dan Pantai Lumbung yang berada di sisi timur serta Pantai Glogok di sisi barat. Berbeda dengan Kedung Tumpang yang terjal, kondisi Pantai Molang dan Lumbung relatif landai, memanjang dengan hamparan pasir. Ombak di Pantai Molang menggulung cukup tinggi dan cocok bagi mereka yang menyukai olahraga selancar.

Pantai Kedung Tumpang bisa dicapai melalui dua jalur, yakni dari Tulungagung dan Blitar. Sayangnya, kendaraan roda empat tidak bisa mendekat sampai bibir pantai, kecuali bagi kendaraan jenis off road. Mobil umum harus diparkir di halaman rumah warga di Pucanglaban. Selanjutnya, untuk mencapai kawasan pantai, pengunjung harus naik ojek dengan tarif sebesar Rp 15.000 sekali jalan, dengan jarak tempuh sekitar 4 kilometer.

Pantai Kedung Tumpang di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, menarik perhatian banyak orang. Wisatawan yang sebagian besar anak muda datang untuk menikmati suasana pantai yang dihiasi kolam-kolam kecil alami berikut deburan ombaknya yang besar.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});