Pantai Kayu Bura di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Pantai Kayu Bura di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

WinNetNews.com - Jika libura tiba melanconglah ke Sulawesi Tengah, Sempatkan mampir ke pantai perawan yang indah nan elok, yaitu Pantai Kayu Bura, di Kabupaten Parigi. Untuk menuju Kabupaten Parigi, sebelumnya kita bisa masuk melalui Bandara Mutiara Sis Al-Jufri di Kota Palu. Dari bandara Palu tersebut, kita bisa menempuh perjalanan darat sekira dua jam, dengan kendaraan roda empat untuk sampai Pantai Kayu Bura melalui Jalan Trans Sulawesi.

Tidak sulit menemukan Pantai Kayu Bura, selain berada di tepi Jalan Trans Sulawesi, terdapat ikon sebuah perahu nelayan yang terbuat dari kayu. Kita bisa langsung masuk area pantai yang memiliki lahan parkir cukup luas ini.

image0

Sesuai dengan arti namanya mempunyai makna, Kayu Bura mempunyai arti kayu yang tumbuhnya begitu cepat., Pantai Kayu Bura kini sedang berkembang menjadi salah satu destinasi baru di Tanah Air. Pantai Kayu Bura mempunyai daya tarik yang cukup potensial sebagai tujuan wisata.

image1

Pantai Kayu Bura sendiri berada di Teluk Tomini yang memiliki luas 59.500 kilometer persegi. Teluk ini menjadi daya tarik karena merupakan bagian dari segitiga terumbu karang dunia (Coral Triangle) dan Taman Nasional Laut Kepulauan Togean.

Teluk Tomini yang dikenal sebagai "The Heart of Coral Triangle" memiliki garis pantai 2.400,46 kilometer. Karena itu, 50 persen atau sekitar 1.179 kilometer garis pantainya berada di Provinsi Sulawesi Tengah, termasuk Pantai Kayu Bura.