Pantai "Pink" Sampai Festival Gasing, Potensi Wisata NTB

Yudha Raditya
Rabu, 02 September 2015 15:16 WIB
Oleh Yudha Raditya pada Rabu, 02 September 2015 15:16 WIB
Image Pantai "Pink" Sampai Festival Gasing, Potensi Wisata NTB

image0

JAKARTA - Rangkaian acara Lombok-Sumbawa Travel Writer's Gathering sudah dimulai. Salah satu yang bisa diikuti semua kalangan adalah lomba menulis dan foto Lombok-Sumbawa. Tema yang diangkat "Holiday is Lombok-Sumbawa" yang dapat ditafsir secara bebas. Jika masih bingung untuk membuat karya, berikut beberapa hal terkait destinasi wisata Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dapat menjadi inspirasi.

Menurut Dewo Teguh Nugroho, Ketua Penyelenggara dari Badan Promosi Pariwisata Daerah, NTB memiliki tiga potensi besar, yakni potensi alam, potensi budaya, dan potensi kuliner.

"NTB pada dasarnya memiliki tiga potensi, budaya, alam, dan kuliner," jelasnya saat dihubungi KompasTravel via telepon, Jumat (28/8/2015).

Untuk destinasi wisata, NTB memiliki banyak sekali gili (pulau). Pulau-pulau ini belum semuanya berpenghuni. Bahkan ada pulau yang tidak permanen, kadang muncul kadang hilang.

"Kita (NTB) punya sekitar 200 gili baik yang berpenghuni atau tidak," terangnya.

Situasi kepulauan ini menjadi kekuatan wisata alam NTB. Sebut saja beberapa gili yang sudah populer seperti Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Untuk gili yang tidak permanen misalnya ada Gili Gosong.

NTB juga memiliki satu dari tujuh pantai pink yang ada di dunia. Indonesia memiliki 2 pantai pink ini, salah satunya di kawasan Taman Nasional Komodo. Pantai pink lainnya ada di Pulau Lombok.

"Warnanya pink karena pasir putih pantai bercampur dengan serpihan gangga dan koral. Jadi sebenarnya kalau kita amati pasirnya terdiri dari dua warna, merah dan putih, dari jauh jadi warna pink," papar Dewo.

Kemudian ada juga Teluk Saleh di Sumbawa, NTB. Teluk ini bahkan mendapat julukan akuarium dunia karena kondisinya yang masih terjaga dan biota laut yang beragam. Beberapa destinasi lain masih ada seperi Gunung Rinjani dan air terjun Mangku Sakti.

Untuk budaya, NTB memiliki beragam festival dan tradisi menarik. Di antaranya ada perang gasing. Masyarakat membuat gasing tradisional, berbentuk cakram dari kayu. Kemudian memutarnya dengan tali. Gasing ini akan diadu dengan cara dibanting satu sama lain dan beradu putar dalam arena yang ditentukan.

Selain itu NTB juga punya Pekan Budaya NTB. Tahun 2015 menjadi tahun pertama festival ini diadakan.

"Harus diakui kita kecolongan kalah cepat dengan Jember ya. Mereka sudah punya JFC, kita juga mau buat yang semacam itu untuk mengekspos budaya kita," papar Dewo.

Selain itu ada banyak festival yang dapat dinikmati seperti Festival Bau Nyale, saat itu masyarakat akan saling berburu cacing. Atau. Mataram Festival yang diadakan di Kota Mataram.

NTB juga terkenal dengan budidaya mutiara. Pencinta mutiara atau bukan, tempat dan proses pembuatan mutiara ini menarik. Oleh karena itu, Dewo berharap masyarakat banyak mengekspos potensi wisata di NTB. Menurutnya, NTB memiliki potensi yang baik namun kurang dikelola dan kurang sarana. Ia berharap pariwisata NTB dapat terbangun setidaknya seperti Bali, provinsi terdekatnya.

Cara mudah tidak cepat gemuk meski sering makan.
Dituduh Kuasai Pasar OS, Google Didenda di Eropa

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.