Pantau Laut China Selatan, China Luncurkan Satelit

Pantau Laut China Selatan, China Luncurkan Satelit

Kamis, 11 Agt 2016 | 16:57 | Gunawan Wibisono
WinNetNews.com - Untuk melindungi kepentingannya di Laut China Selatan, China dilaporkan meluncurkan satelit pemantau Gaofen 3. Peluncuran satelit ini dilakukan China di tengah ketegangan yang semakin meningkat di wilayah tersebut.

Badan Administrasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Industri untuk Pertahanan Nasional China mengatakan, Gaofen 3 yang diluncurkan pada Rabu, 10 Agustus 2016, memiliki sistem radar canggih yang dapat mengambil foto dari luar angkasa dan mampu beroperasi di segala cuaca.

“Satelit ini akan memainkan peranan yang penting dalam memantau lingkungan laut, pulau-pulau, terumbu karang, dan kapal-kapal, serta kilang minyak,” kata pimpinan proyek Xu Fuxiang, Kamis, (11/8).

Xu menambahkan, satelit sepert Gaofen 3 akan sangat berguna untuk melindungi kepentingan dan keamanan maritim Negeri Tirai Bambu. Saat ini, China tengah bersengketa dengan lima negara lainnya terkait kepemilikan sejumlah pulau di Laut China Selatan.

Vietnam, Taiwan bersengketa dengan China dalam kepemilikan wilayah Kepulauan Spratly, sedangkan Filipina, Malaysia, dan Brunei Darussalam juga memiliki klaim yang tumpang tindih dengan China di beberapa wilayah di perairan penting tersebut. Situasi ini menimbulkan ketengangan yang makin hari makin meningkat di Laut China Selatan, terlebih dengan terlibatnya Amerika Serikat (AS) yang mengklaim berusaha melindungi kebebasan navigasi di wilayah Laut China Selatan yang mereka anggap sebagai perairan internasional.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...