Para Driver Gojek Ngaku Girang CEO Mereka Jadi Menteri

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Para Driver Gojek Ngaku Girang CEO Mereka Jadi Menteri Foto: Detik News

Winnetnews.com - Salah satu driver Gojek yang juga merupakan Ketua Forum Komunitas Driver Online (FKDOI) Cang Rahman mengaku bangga dengan adanya salah satu representasi keluarga besar transportasi online yang dipanggil ke Istana Negara.

“Kita pro Pak Nadiem jika jadi menteri di kabinet Jokowi dan Ma’ruf Amin. Pak Nadiem ini bisa dibilang sosok yang bisa diperhitungkan untuk membangun Indonesia,” kata Cang Rahman, dikutip dari Detik.com, Selasa (22/10).

Menurut Rahman, tingkat kepemimpinan Nadiem sudah terbukti saat dirinya menjadi CEO Gojek. Nadiem dianggapnya telah sukses membangun perusahaan yang bisa terus menarik minat investasi banyak pihak baik dari dalam dan luar negeri.

“Beliau sebagai leader innovator dalam memprakarasi ojek online. Tidak hanya di Indonesia, namun juga di kancah internasional,” tambahnya.

Rahman mengaku jika Uber bisa saja jadi pionir transportasi online, namun untuk menghasilkan kendaraan roda dua (motor), menurutnya, Gojek tetap menjadi pionir utama. Ia mengaku hasilnya setimpal jika Nadiem menjadi menteri.

Rahman juga mengatakan kalau banyak pihak yang keliru menilai tingkat kesejahteraan mitra Gojek. Konsep kerjasama yang diterapkan oleh Gojek sangat mendidik para driver menjadi lebih mandiri dan memiliki semangat entrepreneur.

“Kenapa kita bilang jiwa pengusaha? Karena kami mitra, lho, bukan pegawai, bukan karyawan. Kami bekerja atas kemampuan kami sendiri,” celetuknya.

Tak lupa, ia berharap bahwa kemampuan yang dimiliki oleh Nadiem akan berguna untuk memajukkan Indonesia kedepannya.

Nadiem Makarim dan Joko Widodo (foto: Bisnis Tempo)

Tidak hanya Cang Rahman, dukungan juga diberikan oleh Astri, anggota dari Aliansi Nasional Driver Online Indonesia (Aliando). Dirinya mengaku sangat bangga dengan Nadiem. Astri mengaku jika Nadiem dan Gojek telah mendatangkan banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia. Astri juga mengatakan bahwa Nadiem sangat cocok menjadi menteri karena telah berhasil mengangkat rakyat kecil untuk hidup sejahtera.

“Pak Nadiem sudah bangun rakyat kecil dan efeknya sangat terasa. Saya merasakan hal itu setelah bekerja di GoCar selama empat tahun. Saya merasa Pak Nadiem pantas menjadi menteri. Ia sudah banyak membantu rakyat kecil,” kata Astri.

Maun Radit dari Komunitas Energi Satu Aspal ikut menyumbangkan sanjungan kepada Nadiem. “Kita mendukung karena melihat Gojek sangat signifikan memajukkan Indonesia dari sisi ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Kreativitas Gojek, menurut Radit, bisa berjalan secara inovatif dan ia berharap bahwa penerapan inovasi di Gojek dapat berlanjut di pemerintahan. Dirinya mengaku tak khawatir mengenai keberlanjutan Gojek karena menurutnya bisnis digital bisa bergerak sendiri.

“Pak Nadiem hanya memberikan arahan umum tapi sistem sudah bisa berjalan dengan sendirinya. Pak Nadiem memang dibutuhkan oleh banyak masyarakat Indonesia,” jelas Radit.

Apa Reaksi Kamu?