Para Kandidat Capres AS Terus Berkampanye di Tengah 'Badai' COVID-19
Foto: WBT Radio

Para Kandidat Capres AS Terus Berkampanye di Tengah 'Badai' COVID-19

Senin, 9 Mar 2020 | 16:30 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Jelang Pemilu Amerika Serikat (AS), sejumlah kandidat calon presiden (capres) terus berkampanye meski marak penyebaran wabah virus corona baru atau COVID-19 yang telah menjangkit di sejumlah negara, termasuk AS.

Di tengah badai kabar virus yang kian ganas tersebut, Presiden Donald Trump dan para kandidat pemilu 2020 terus melanjutkan kampanyenya. Mengutip ABC News, Direktur Komunikasi Kamapanye Donald Trump, Tim Murtaugh angkat bicara, Sabtu (7/3). Dia mengatakan kegiatan kampanye mereka berjalan seperti biasa.

Melansir Tribunnews, dalam sepekan terakhir, beberapa negara bagian AS di antaranya Washingtong, New York, dan California menyatakan keadaan darurat. Acara-acara publik, pertemuan besar di seluruh negeri dibatalkan untuk menekan penyebaran virus corona.

Lebih lanjut, Wakil Direktur Komunikasi utama kampanye Trump mengatakan pihaknya siap mengumumkan kampanye saat semuanya sudah siap. Dari pemaparannya, Donald Trump dilaporkan memiliki jadwal kampanye di balai kota.

Tim kampanye Donald Trump diketahui mengadakan diskusi soal antisipasi bila kampanye harus ditunda. Sementara ini, jadwal kampanye dilaporkan belum ada perubahan.

Diagnosis Corona

Saat ini, berdasar data yang dilansir thewuhanvirus.com, jumlah orang Amerika Serikat yang didiagnonis virus corona setidaknya 554 orang. Setidaknya 22 orang tewas di Amerika Serikat.

Lebih jauh, Jumat kemarin (6/3/2020), Gedung Putih memberlakukan batasan tamu, dan memeriksa kontak para tamu yang telah melakukan perjalanan belum lama ini.

Prosedur Standar

Beberapa prosedur standar, termasuk peningkatan kebersihan daerah mendidik para staf praktik kebersihan yang baik.

Kebijakan cuti sakit juga diberlakukan di Amerika Serikat. Sementara, Donald Trump mengadakan kampanye di Atlanta.

Ia mengatakan partisipan kampanye semakin bertambah, bahkan ketika kasus virus corona di AS dikonfirmasi.

"Aku beri tahu, aku tidak punya masalah untuk mengisinya (kampanye)," kata Donald Trump.

"Itu tidak mengganggu merak dan tidak mengganggu saya," tambahnya.

Aman?

Pada Senin (9/3), Presiden Donald Trump ditanya soal keamanan mengadakan kampanye ditengah penyebaran virus corona.

"Saya pikir itu sangat aman," tutur Donald Trump.

"Ini sudah diatur sejak lama," terangnya.

Lebih lanjut, Donald Trump mengatakan para calon kandidat dari Partai Demokrat juga masih melakukan kampanye. Senator Vermont Bernie Sanders dan mantan Wakil Presiden Joe Biden mengadakan acara dalam beberapa hari terakhir.

Mereka mengadakan rapat umum di akhir pekan untuk menarik lebih banyak pendukung. Kampanye Sanders tidak menunjukkan rencana untuk mengubah jadwal yang akan datang.

Seorang pejabat kampanye mengatakan kepada ABC News, "Kami terus melakukan kontak langsung dengan pejabat kesehatan setempat," katanya. Sejak Senin (9/3), kampanye Trump belum mengumumkan reli lagi.

Jika seseorang tidak diumumkan awal minggu depan - menjelang kontes utama Demokrat pada Selasa, ini akan menjadi pertama kalinya musim primer ini ia tidak melakukan counter-rally untuk mengganggu Demokrat.

Kampanye Trump masih mengadakan acara, termasuk tur bus "Wanita untuk Trump" minggu depan di Michigan, Ohio dan Pennsylvania - negara bagian yang telah melaporkan kasus virus tersebut.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...