Para Lansia Mudah Diserang oleh Penyakit Berikut
ilustrasi

Para Lansia Mudah Diserang oleh Penyakit Berikut

Kamis, 11 Jul 2019 | 08:15 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Laman Harvard Health Publishing melaporkan bahwa tiga perempat lansia berusia 65 tahun telah memakai gigi palsu. Berbagai masalah gigi dan mulut menjadi penyebabnya. Lantas, masalah gigi dan mulut apa saja yang rentan menyerang lansia?

Masalah mulut dan gigi yang sering menyerang lansia

Coba perhatikan gigi kakek atau nenek Anda, kebanyakan dari mereka mungkin sudah kehilangan banyak gigi atau bahkan seluruhnya. Masalah gigi dan mulut ternyata memang rentan menyerang orang di usia 60 tahun lebih.

Masalah gigi dan mulut tersebut terjadi akibat kebersihan mulut dan gigi yang buruk, kebiasaan merokok, serta kurang asupan kalsium dan vitamin D.

Ada beberapa masalah mulut dan gigi yang umumnya menyerang manula, di antaranya:

1. Gigi menghitam

Gigi Anda dilindungi oleh enamel atau email, yakni lapisan terluar yang kuat dan melindungi gigi. Seiring waktu, enamel dapat mengikis dan memperlihatkan lapisan dentin yang berwarna kekuningan.

Bukan hanya menguning, lapisan tersebut juga bisa menghitam. Penyebabnya, mulai dari makanan, kopi, dan kebiasan merokok. Meskipun masalah mulut dan gigi pada lansia ini umum terjadi, gigi menghitam juga bisa terjadi akibat gigi berlubang.

2. Akar gigi membusuk (root decay)

Paparan asam secara terus-menerus dari makanan dan kebiasaan minum kopi, bisa menyebabkan gigi membusuk. Akibatnya, jaringan gusi menyusut dan akar gigi menjadi terbuka.

Ketika akar gigi tidak memiliki enamel sebagai pelindung, bagian ini rentan infeksi dan kerusakan. Akibatnya, akar gigi pun membusuk.

Kebiasaan sejak muda seperti sering minum kopi, merokok, dan mengonsumsi makanan asam dapat meningkatkan risiko pembusukan akar gigi di hari tua.

3. Oral thrush

Oral thrush dan mulut kering masuk ke dalam deretan masalah gigi dan mulut yang umum terjadi pada lansia. Oral thrush menyebabkan munculnya bercak putih di mulut yang terasa perih akibat infeksi jamur.

Kondisi ini umumnya terjadi pada lansia dengan diabetes atau kekurangan vitamin.

Selain masalah kesehatan, oral thrush juga rentan menyerang orangtua yang mengonsumsi antibiotik, memakai gigi palsu, dan memiliki kebiasaan merokok.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...