Para Tersangka Kerusuhan di Petamburan Diduga Terima Bayaran Rp 20 Juta

Daniel
Daniel

Para Tersangka Kerusuhan di Petamburan Diduga Terima Bayaran Rp 20 Juta Kerusuhan 22 Mei

Winnetnews.com - Total 183 orang telah ditangkap sebagai tersangka kasus pembakaran asrama Brimob di Petamburan, Tanah Abang, pada 22 Mei 2019. Satu fakta mengejutkan yang ditemukan oleh kepolisian adalah ternyata para perusuh tersebut diimbali uang dengan nominal yang cukup besar untuk melakukan aksinya.

Kapolres Metro Jakarta Barat Komisaris Besar Hengki Haryadi mengatakan 183 orang tersebut hampir didominasi penduduk luar Jakarta. Ada 40 orang yang datang dari Banten, puluhan lainnya dari berbagai daerah di Jawa Barat sebanyak 27 orang. Dari Jawa Tengah ada total 13 orang pelaku, sementara Bekasi dan Sumatera sama-sama berjumlah 11 orang.

Sisanya ada 9 orang pelaku yang berdomisili di Jakarta Timur, 6 orang dari Jakarta Selatan, 3 orang dari Jakarta Utara, 7 dari Jakarta Pusat, dan 49 orang dari Jakarta Barat. Enam orang lain yang juga sudah tertangkap belum terungkap asalnya.

“Total uang yang kami sita senilai Rp 20 juta,” ujar Hengki dilansir Tempo. Sebelum terlibat aksi anarkis dan pembakaran Asrama Brimob Petamburan, para massa yang terciduk tersebut juga sempat mengikuti demonstrasi di depan gedung Bawaslu.

Secara keseluruhan sudah ada lebih dari 300 orang tersangka yang ditangkap dari berbagai lokasi keurusuhan yang terjadi pada 21 dan 22 Mei 2019. Untuk tersangka pembakaran Asrama Brimob, pelaku dijerat dengan pasal berlapis tentang kekerasan dan pembakaran.

Apa Reaksi Kamu?