Parade Militer Kemenangan Tiongkok Digelar Di Beijing

Parade Militer Kemenangan Tiongkok Digelar Di Beijing

 Wingamers.com - Parade militer kemenangan Tiongkok digelar di Beijing. Tiongkok menggelar parade militer besar-besaran di Beijing untuk menandai kekalahan Jepang pada Perang Dunia II. Parade tersebut diselenggarakan dalam skala terbesar yang belum pernah terjadi. Sebanyak 12 ribu serdadu dan 200 kendaraan militer, termasuk tank dan rudal, diperlihatkan di Lapangan Tiananmen. Menurut media pemerintah, 80% perangkat militer yang dipajang baru pertama kali dipamerkan ke publik. Salah satunya adalah pesawat stealth buatan Tiongkok sendiri.

Tamu undangan pun bukan sembarangan, tampak hadir di antara tamu undangan ialah Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Korea Selatan Park Geun-hye, dan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon. Namun, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe serta utusan dari Amerika Serikat, Australia, dan Inggris tidak terlihat.

Parade militer kemenangan Tiongkok digelar di Beijing.Saat menyampaikan pidato sambutan dalam parade tersebut, Presiden Tiongkok Xi Jinping menyanjung ‘rakyat Cina yang berjuang keras dan mengalahkan agresi’ Jepang. Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok kini menjadi militer terbesar kedua di dunia dengan berkekuatan 2,3 juta personel. Cina juga memiliki anggaran pertahanan terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. (MT)