Parah! Pengiriman Ponsel Global Merosot Tajam
Foto: 1redrop.com

Parah! Pengiriman Ponsel Global Merosot Tajam

Selasa, 24 Mar 2020 | 11:54 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Dampak virus corona memang sulit untuk dihindari, terlebih virus yang muncul di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China ini juga menyerang ekonomi secara global. Terbukti dengan hasil penjualan gadget dari seluruh produsen smartphone angkanya merosot tak terbendung.

Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil penelitian Strategy Analitic terkait jumlah pengiriman ponsel cerdas di tingkat dunia sejak Februari 2020. Rset itu menyebutkan, jumlahnya pengiriman gadget global merosot tajam jika dibandingkan dengan keseluruhan ponsel pintar di Februari 2019.

Dilansir Tabloidpulsa.com, Senin (23/3), pada Februari 2020, pengiriman smartphone global mencapai 61,8 juta unit, mewakili penurunan 38% YoY. Bandingkan dengan Februari 2019 di mana penjualan smartphone  mencapai  99,2 juta unit.

Mayoritas produksi smartphone terjadi di China, dan ini adalah dampak nyata dari merebaknya wabah virus COVID-19, yang menyebabkan  manufaktur di China melambat pada bulan Januari 2020 yang mengganggu rantai pasokan ke banyak industri di seluruh dunia, tidak terbatas pada elektronik konsumen saja.

Selain itu, orang-orang tidak dapat dengan leluasa berbelanja  di toko fisik. Sementara dampak ekonomi global menyebabkan  melemahnya  daya belanja konsumen.

Pada bulan Februari 2020 kita menyaksikan penurunan terbesar  pengiriman smartphone global dalam sejarah pasar ponsel pintar di seluruh dunia. Pasokan dan permintaan smartphone benar-benar jatuh di China, merosot di seluruh Asia, dan melambat di seluruh dunia.

Seperti diungkapkan oleh Neil Waston, Direktur Eksekutif di Strategy Analytics, bahwa  keresahan dan ketakutan merebaknya pandemic virus Corona telah menyebar ke Eropa, Amerika Utara dan di seluruh dunia. Dan ratusan juta konsumen terpaksa berada di lokasi lockdown, tidak memungkinkan untuk keluar atau berbelanja smartphone baru.

Dikutip dari GSMArena, Analis Senior di Strategy Analytics , Yiwen Wu mengatakan  bahwa dengan kenyataan ini, industri smartphone harus bekerja lebih keras dari sebelumnya untuk meningkatkan penjualan dalam beberapa minggu mendatang, seperti penjualan flash online atau menerapkan diskon besar untuk bundling dengan produk-produk lain seperti aksesoris dan  jam tangan pintar.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...