Parkorman, Hutan Berbentuk Taman di Turki yang Pas Banget Untuk Hilangkan Beban Pikiran
Foto: Dror

Parkorman, Hutan Berbentuk Taman di Turki yang Pas Banget Untuk Hilangkan Beban Pikiran

Selasa, 2 Mei 2017 | 09:48 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Pernah gak kamu membayangkan berjalan di sebuah hutan dengan jalur yang berkelok melewati puncak pohon, tapi di jalur udara! Memang trerlihat unik dan sedikit aneh, tapi itu semua akan menjadio kenyataan di Istanbul, Turki.

Desain taman baru yang berani di Istanbul, Turki, bisa membuat imajinasi kita menjadi kenyataan. Arsitek Studio Dror akan mengubah ruang hijau yang terletak enam mil dari pusat kota, menjadi taman bermain bagi para penggemar outdoor dari segala usia.

Dinamakan Parkorman, daya tariknya akan menampilkan jalur puncak pohon, ayunan, tempat tidur gantung, trampolin tembus pandang dan bahkan lubang bola raksasa, sehingga kamu bisa berhubungan kembali dengan alam, atau hanya melepaskan pikiran kamu.

image0

Ada lima zona utama, dengan kualitas yang berbeda masing-masing, dirancang untuk memancing emosi. Plaza, di pintu masuk taman, menyajikan alam sebagai tempat untuk pengalaman dan pengumpulan kolektif. Interaksi dan permainan didorong melalui serangkaian intervensi yang tersebar di seluruh wilayah taman: ayunan dan tempat tidur gantung bergoyang di hutan (The Loop). Lubang bola raksasa, terinspirasi oleh pasar rempah-rempah Turki, mengajak orang untuk menyelam (Pool). Jalan setapak mengapung di atas tanah dan memutar-mutar batang pohon ke dalam lingkaran raksasa dengan trampolin di tengahnya (The Chords). The Grove, sebuah jalan setapak mirip labirin yang diserbuki dengan patung-patung yang berhubungan dengan lanskap, menjauhkan eksplorasi, sementara The Fountain of Clarity, bingkai berbentuk kubus yang mengirimkan air ke keempat sisi dan terbuka melalui piston hidrolik untuk menutupi para pendatang.

Untuk pengalaman yang lebih reflektif, akan ada jejak patung mirip labirin dan air mancur berbentuk kubus yang mengelilingi pengunjung di dekat air.

image1

Para arsitek telah merancang taman di sekitar hutan, meninggalkan setiap pohon di tempatnya, sebagaimana diamanatkan oleh kota. Studio Dror menggambarkan Parkorman sebagai "kisah cinta antara manusia dan alam".

Proyek ini sedang berlangsung dan belum ada tanggal penyelesaian yang diberikan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...