Partai PAN dan Demokrat "Sangat Terbuka" Merapat ke Koalisi Jokowi-Ma'ruf

Daniel
Daniel

Partai PAN dan Demokrat "Sangat Terbuka" Merapat ke Koalisi Jokowi-Ma'ruf PAN dan Demokrat

Winnetnews.com - Partai PAN dan Partai Demokrat dinilai strategis untuk koalisi Joko Widodo dan Ma’ruf Amin untuk lima tahun ke depan. Hal itu diutarakan oleh pengamat Politik Universitas Al Azhar, Ujang Komaruddin. Ada alasan yang memperkuat hal tersebut.

Jokowi-Ma’ruf dinilai punya kepntingan untuk mengamankan berbagai kebijakan pemerintah dan menjaga stabilitas politik dalam lima tahun ke depan. Menurut Ujang, bertambahnya PAN dan Demokrat ke dalam koalisi pemerintah dapat memperkuat dan menjaga stabilitas politik.

“Kemungkinan Demokrat dan PAN untuk bergabung dengan koalisi Jokowi-Ma’ruf sangat terbuka, Jokowi-Ma’ruf butuh koalisinya kuat untuk mengamankan kebijakan di parlemen,” ujar Ujang seperti dikutip dari Antara.

Pria yang juga Direktur Eksekutif Indonesia Political Review menambahkan: “Tidak mungkin partai politik ingin kalah dan menderita, lalu mati-matian ada dalam barisan oposisi. Partai politik ada dan dibentuk untuk meraih kekuasaan dengan cara konstitusional yaitu Pemilu.”

Ujang juga menilai jika memang PAN dan Demokrat ingin aman dan posisinya strategis, maka opsi untuk merapat ke koalisi pemerintah jadi pilihan yang masuk akal. Dengan demikian, keduanya bisa mendapatkan jabatan menteri dan memiliki modal politik untuk Pemilu 2024.

Apa Reaksi Kamu?