Partai Pendukung Ribut-ribut Jatah Menteri, Jokowi: Mau yang Milenial dan Pemberani

Sofia Citradewi
Sofia Citradewi

Partai Pendukung Ribut-ribut Jatah Menteri, Jokowi: Mau yang Milenial dan Pemberani Presiden Jokowi menyampaikan visinya dalam 'Visi Indonesia' di SICC, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/7/2019)
Winnetnews.com - Di tengah perbincangan jatah-jatahan kursi menteri yang diminta partai pendukung Jokowi-Ma’ruf, presiden terpilih untuk periode 2019-2024 itu justru menegaskan ingin kader yang punya kualitas pemberani dan banyak diwarnai oleh generasi milenial untuk masuk kabinet kerja pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin nanti.

Hal ini tercermin dari pidato yang di sampaikan Jokowi dalam Visi Indonesia di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/7).

Ia membutuhkan figur pemberani untuk membantunya meningkatkan kecepatan dalam pelayanan publik, salah satunya mengenai kecepatan memberikan izin. Ia berjanji akan memangkas birokrasi yang berbelit, agar lembaga-lembaga di pemerintahan menjadi lincah dan efektif.

"Akan saya cek sendiri, akan saya kontrol sendiri, begitu saya lihat tidak efisien atau tidak efektif, saya pastikan akan saya pangkas dan saya copot pejabatnya. Oleh sebab itu, butuh menteri-menteri yang berani," kata Jokowi, dikutip dari Kompas, (15/7/2019).

Menurut Jokowi, menterinya harus punya kualitas mengeksekusi program secara tepat dan cepat selain memiliki kemampuan manajerial. Lebih lanjut, Jokowi juga menginginkan kabinetnya diisi oleh kaum muda.

"Ya, bisa saja ada menteri umur 20-25 tahun, kenapa tidak? Tapi dia harus mengerti manajerial, dan mampu mengeksekusi program-program yang ada. Umur 30-an juga akan banyak," kata Jokowi dalam wawancara khusus.

Jokowi menjelaskan, sekarang merupakan era globalisasi, maka diperlukan orang-orang yang dinamis, fleksibel, dan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman yang begitu pesat.

Apa Reaksi Kamu?