(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Partitur Beethoven Asli Terjual Dengan Harga Fantastis

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Partitur Beethoven Asli Terjual Dengan Harga Fantastis

 

WinNetNews.com - Lembaran musik milik komposer legendaris Ludwig van Beethoven telah terjual seharga US$100.000 atau setara Rp1,4 miliar dalam sebuah acara pelelangan.

Melansir NME, lembaran "suci" bernama King Stephen itu ditemukan seorang juru taksir bernama Brendan Ryandi sebuah rumah di Connecticut, Amerika Serikat.

Ryan menemukan lembaran itu di belakang gelas kaca di rumah seorang wanita di Greenwich. Lalu, Ryan bergegas menemui Carmelo Comberiati, dosennya semasa kuliah dulu.

Sebelumnya, Comberiati memang sudah belajar tentang lembaran-lembaran musik milik Beethoven.

 

Dalam lembaran itu, terdapat tiga lubang kecil, yang menandakan bahwa lembaran itu telah dirobek dari buku catatan milik Beethoven, ketika dirinya sedang mengerjakan musik King Stephen, pada abad ke-18 silam.

Tidak seperti komposer lain, menurut Comberiati, Beethoven selalu menyimpan lembaran musiknya dengan baik.

"Beethoven akan selalu menuliskan ide-idenya. Berbeda dengan komposer lain, yang menampilkan hasil finalnya saja, mereka membuang sisanya. Namun Beethoven tidak seperti itu," ujar Comberiati kepada Greenwich Time.

"Saya menemukan sketsa dari lembaran musik itu dan menemukan potongan yang tepat, kami menempatkan semua potongan itu secara bersamaan," ia melanjutkan.

King Stephen sendiri adalah salah satu karya kecil milik Beethoven. Dibandingkan dengan lagu-lagunya seperti Symphony No. 9 dan Piano Sonata No. 14, King Stephen masih kalah populer. Namun, pada 2011 lalu, London Symphony Orchestra menampilkan lagu tersebut.

Lebih lanjut, walau lembaran musik Beethoven sering dijual dalam acara pelelangan, King Stephen termasuk lembaran musik yang sangat langka dan tidak diketahui jenisnya.

(seperti dilansir CNN Indonesia)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});