Pasar Tanah Abang Membludak, Anies Terapkan Sistem Buka-Tutup
Kerumunan di Pasar Tanah Abang (Foto: ANTARA)

Pasar Tanah Abang Membludak, Anies Terapkan Sistem Buka-Tutup

Senin, 3 Mei 2021 | 10:10 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk menerapkan sistem buka-tutup di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kerumunan melihat membludaknya pengunjung di pusat tekstil grosir terbesar di Asia Tenggara itu.

"Disiapkan petugas, ketika jumlah orang di dalam pasar masih banyak maka pintu ditutup, sehingga warga tidak bisa masuk sampai jumlahnya berkurang," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pasar Tanah Abang, Minggu (2/5).

Selain itu, lanjut Anies juga akan dilakukan rekayasa lalu lintas (lalin) di sekitar Pasar Tanah Abang. Ia menjelaskan, apabila kapasitas Pasar Tanah Abang sudah menuh, maka akses jalan akan ditutup. 

"Jadi kebijakan tertutup ini akan diberlakukan besok. Buka tutup pintu pasar pengendalian masuk keluar lewat stasiun dan juga penertiban di jalan-jalan sekitar kawasan Tanah Abang," jelas Anies.

Mantan Mendikbud itu juga meminta masyarakat mempertimbangkan pasar-pasar lain yang ada di Jakarta sebagai alternatif berbelanja keperluan Lebaran,

"Kami menganjurkan untuk mendatangi berbagai pasar di Jakarta, selain Pasar Tanah Abang. Dengan begitu masyarakat bisa mendapatkan barang tanpa berisiko kerumunan dengan mendatangi tempat yang lain," tuturnya.

Anies kemudian mengungkapkan, terhitung mulai hari ini, Senin (3/5) para pedagang Pasar Tanah Abang dilarang berjualan di luar gedung.

"Di jalan-jalan, trotoar tidak ada kegiatan berjualan. Besok petugas kita akan berjaga. Semua kegiatan jual beli dilakukan di dalam pasar," tegas dia.

"Kenyataannya, banyak yang menitipkan jualan di luar menimbulkan kerumunan sehingga berisiko, maka sore ini kami siapkan mekanisme pengendaliannya," tambahnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...