Pasca Banjir Bandang, Magelang Tetapkan Status Darurat 7 Hari

Pasca Banjir Bandang, Magelang Tetapkan Status Darurat 7 Hari

Minggu, 30 Apr 2017 | 22:52 | kontributor

WinNetNews.com - Pemerintah Kabupaten Magelang menetapkan status darurat bencana selama 7 hari ke depan pascamusibah banjir bandang di Desa Sambungrejo dan Desa Citrosono, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Status tersebut diberlakukan di seluruh wilayah Kabupaten Magelang.

"Untuk semua wilayah, tidak terkecuali. Karena kalau kami lihat kemarin, musibah bencana Sabtu (29/4) tidak hanya di Grabag saja. Tapi di Kecamatan Srumbung, Mungkid, Salaman, Borobudur, dan lainnya," ujar Bupati Magelang, Zaenal Arifin, di lokasi bencana, Minggu (30/4/2017).

Bupati berharap, penetapan status tersebut juga akan mempercepat penanganan dan proses lainnya.

Selain itu, Bupati juga menghimbau kepada semua pihak untuk melaporkan segala hal yang terjadi di lokasi musibah pada satu titik. Yakni di posko Aju BPBD Kabupaten Magelang.

"Dengan begitu, penanganan selanjutnya akan mudah. Kalau informasi maupun laporan didapat dari beberapa titik justru akan mempersulit petugas dan tidak fokus," terangnya.

Adapun terhadap para korban, Pemkab Magelang telah menyiapkan posko yang bisa dipergunakan untuk mengungsi. Posko tersebut ada di Dusun Sambungrejo dan berjarak sekitar 40-50 meter dari lokasi bencana.

"Lokasinya cukup luas, bisa untuk menampung banyak warga. Akan tetapi, sampai saat ini kita masih melakukan assesment dan pendataan untuk mengetahui berapa jumlah pasti warga terdampak dan harus mengungsi," katanya.

Direktur Tanggap Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Junjungan Tambunan, menambahkan pihaknya akan melakukan pendampingan kepada BPBD Kabupaten Magelang dan BPBD Provinsi Jawa Tengah.

"Kami akan melakukan hal-hal yang menjadi keterbatasan untuk dilakukan oleh BPBD Kabupaten dan BPBD Provinsi. Kita juga melakukan pendampingan keposkoan, baik dari sisi manajemen, operasional, maupun kebutuhan lainnya," ujar Junjungan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...