Pasca Diblokir, Telkom Kembali Izinkan Pengguna Mengakses Netflix
Pasca diblokir Telkom Group, akhirnya pengguna bisa mengakses Netflix. (Foto: Medcom)

Pasca Diblokir, Telkom Kembali Izinkan Pengguna Mengakses Netflix

Selasa, 7 Jul 2020 | 16:00 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Layanan streaming Netflix cukup lama diblokir oleh Telkom Group. Akibatnya, akses ke Netflix tak bisa dilakukan oleh sejumlah pengguna Telkom Group seperti pengguna Telkomsel, wifi.id, maupun IndiHome. 

Kabar baiknya, kini Telkom membuka blokir Netflix. Dengan kata lain, pengguna Telkomsel, wifi.id, maupun IndiHome dapat mengakses konten Netflix secara legal.

Alasan Telkom memblokir Netflix sendiri adalah karena enggannya layanan streaming itu memenuhi salah satu persyaratan Telkom. Setelah melakukan pendekatan, akhirnya kedua perusahaan sepakat untuk saling mendukung satu sama lain.

“Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia dan karenanya memberi kesempatan pada pelanggan TelkomGroup untuk dapat mengakses beragam konten hiburan,” kata Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo dalam keterangan resmi, seperti disadur Tek.id, Selasa (7/7).

Pendekatan yang dimaksud adalah bahwa Netflix menunjukkan komitmennya untuk serius dapat diterima masyarakat Indonesia melalui langkah-langkah yang dilakukannya. 

Seperti memastikan ketersediaan tools dalam sistem untuk pembatasan akses atas tayangan sensitif dan ketidaksesuaian umur bagi pelanggan (parental control), serta dalam hal menyediakan mekanisme untuk penanganan keluhan pelanggan. 

Termasuk sesegera mungkin mendengar masukan dan bersedia menyelesaikan keluhan dari pemerintah atau regulator dalam waktu 24 jam atau sesuai dengan kurun waktu yang ditentukan oleh pihak yang berwenang.

Selain itu, Netflix menyepakati komitmen kepatuhan pada “Self Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN” di mana salah satu kesepakatannya adalah untuk tidak menayangkan prohibited content yakni konten yang melanggar hak cipta, mengandung pornografi anak, terorisme dan melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) serta yang mendiskreditkan kelompok masyarakat tertentu. 

Dengan adanya implementasi content code dari Netflix, Telkom menyatakan menyambut itikad baik tersebut sebagai peluang meningkatkan kualitas layanan melalui ragam konten hiburan, termasuk konten lokal dengan tetap berkomitmen mengedepankan kenyamanan dan perlindungan terhadap pelanggan.

”Kemitraan ini merupakan upaya menumbuhkembangkan bisnis digital serta untuk terus menjaga excellent customer experience TelkomGroup dengan menyediakan berbagai kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses konten-konten berkualitas. Ke depannya Telkom berharap agar Netflix dapat lebih berperan pada kemajuan perfilman nasional dengan memperbanyak tayangan produk konten lokal,” ujar Arif.

Layanan Netflix sudah dapat diakses dari jaringan Telkomsel maupun IndiHome. Kendati demikian, sebagian pengguna mengaku belum dapat mengakses layanan tersebut sebagaimana pengguna lainnya. 

Telkom sendiri menyatakan akses ke Netflix melalui jaringannya memang dibuka secara bertahap sehingga tidak dapat dinikmati pelanggan secara serentak.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...