Pasca Diresmikan, Bandara Kertajati Cetak Rekor Baru
Foto:Istimewa

Pasca Diresmikan, Bandara Kertajati Cetak Rekor Baru

Jumat, 25 Mei 2018 | 09:03 | Rusmanto

WinNetNews.com- Pasca diresmikan Presiden Jokowi kamis 24/5/2018 kemarin, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang berlokasi di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat resmi dibuka.

Dengan dioperasikan Bandara Kertajati, yang berlokasi di kecamatan Kertajati, Majalengka ini menjadi bandara terbesar kedua di Indonesia menggeser posisi Bandara Kualanamu di Medan.

Ini artinya dua bandara terbesar di Indonesia saat ini berlokasi di Pulau Jawa, di mana posisi pertama ditempati oleh Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten.

Presiden Jokowi menyebut bandara ini merupakan bandara kebanggaan warga Jawa Barat dan akan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru di provinsi yang penduduknya paling banyak di Indonesia tersebut.

Rencananya, Bandara kertajati ini akan dapat melayani penerbangan ke Denpasar, Surabaya, Ujung Pandang, Balikpapan, dan Medan. Selain itu, bandara tersebut juga nantinya akan melayani penerbangan haji langsung ke Arab Saudi.

 

Sementara itu, menurut Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, Bandara Kertajati akan terhubung dengan jalan tol Cisumdawu, Pelabuhan Patimban yang akan dibangun, sampai kawasan industri di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.

"Nanti akan ada jalan tol dari Bandung ke mari dan kemudian cover sampai ke Cirebon-Bandung. Kemudian nanti Patimban, kemudian nanti industrial estate yang sekarang kita proses antara Bekasi, Karawang, Purwakarta," kata Luhut.


Bandara Kertajati juga akan dikembangkan menjadi aerocity atau kawasan yang terhubung dengan bandar udara. Luhut mengatakan, lahan 3.000 hektar sudah disiapkan untuk dibangun aerocity.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...