Pasca Gempa Lombok, Gili Trawangan Sudah Aman Dikunjungi

Cindy Cesilia

Dipublikasikan 4 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Pasca Gempa Lombok, Gili Trawangan Sudah Aman Dikunjungi
Foto:Istimewa

WinNetNews.com- Pasca gempa yang mengguncang Lombok pada awal Agustus lalu, membuat Pulau Seribu Masjid ini lumpuh dari segala aktivitas. Suasana menjadi muram dan meninggalkan trauma bagi penduduk dan wisatawan.

Setidaknya ada tiga gempa besar sejak akhir bulan Juli sampai awal Agusutus 2018. Pertama pada 29 Juli (6,4 skala Richter) yang meluluhlantakkan Gunung Rinjani.

Namun saat ini, Lombok sudah mulai berbenah dan bangkit, meskipun gempa-gempa susulan dengan kekuatan yang kecil masih terjadi. 

General Manager Geopark Rinjani, Chairul Mahsul menyatakan bahwa kawasan Geopark Rinjani seperti Gili Meno, Trawangan dan Air sudah aman dikunjungi.

Sementara itu, ia melanjutkan, Taman Nasional Gunung Rinjani belum dibuka untuk wisatawan mengingat survei yang dilakukan oleh para ahli masih berlangsung. 

"Sejauh ini pendakiannya saja yang ditutup, kawasan geopark lainnya sudah aman dikunjungi. Contohnya kawasan Gili Trawangan yang masuk dalam kawasan Geopark," jelas Chairul Mahsul. 

Chairul mengatakan Gubernur NTB sudah menerbitkan jaminan bahwa Lombok sudah aman utuk dikunjungi wisatawan, bahkan Lombok Selatan sama sekali tidak terdampak gempa. 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...