Pasca Insiden Buang Muka, Pengamat Sebut Nasdem Bakal Jadi 'Anak Nakal'

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Pasca Insiden Buang Muka, Pengamat Sebut Nasdem Bakal Jadi 'Anak Nakal' Surya Paloh (kiri) mendengarkan bisikan dari Megawati. [Foto: Radar Bogor]

Winnetnews.com - Insiden buang muka yang dilakukan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri ogah bersalaman dengan Ketua Umum Partai Nasional Demokrasi (Nasdem), Surya Paloh pada pelantikan Puan Maharani sebagai Ketua DPR, Selasa (1/10), banyak menuai kontroversi.

Menurut pengamat politik, Igor Dirgantara, insiden tersebut tidak menjadi pemicu pecahnya partai koalisi pendukung Jokowi-Ma’ruf. Justru, jika Nasdem keluar koalisi atau bahkan menjadi oposisi, akan lebih menampilkan banyak mudarat daripada manfaatnya.

“Nasdem sejatinya menjadi salah satu partai politik yang konsisten mendukung Joko Widodo sejak awal pencalonan,” beber Igor seperti dikutip RMOLBanten, Rabu (2/10).

Hal itu akan merugikan Nasdem yang berjuang keras memenangkan petahana. Bahkan seiring perjalanan, parpol oposisi juga menampakkan sinyal dukungan kepada pemerintahan baru.

Tetapi, melihat sinyal yang dipertontonkan kepada publik, kata Igor, bisa saja parpol yang berdiri sejak tahun 2011 ini membelot di akhir pemerintahan Jokowi-Maruf.

"Potensi menjadi 'anak nakal' di dalam koalisi Jokowi-Ma’ruf bisa saja terjadi pada dua tahun terakhir masa kepemimpinan Jokowi nanti, terutama menjelang Pilpres 2024. Ada potensi Nasdem pisah jalan dengan PDIP," jelas Director Survei and Polling Indonesia (SPIN) ini.

Makin sejalan dengan sikap presiden kelima RI itu yang justru mempertontonkan kedekatannya dengan lawan Jokowi di Pilpres, Prabowo Subianto. Kata Igor, alih-alih membangun koalisi lagi dengan Nasdem, PDIP bisa saja memilih bersama dengan Gerindra di 2024 mendatang.

"Semua masih jauh dan belum pasti, tapi embrionya sudah ada saat kedekatan Mega dan Prabowo di Kongres PDIP di Bali," tutupnya.

Diketahui publik dikejutkan dengan sikap Megawati yang tak menyalami Surya Paloh saat hadir di pelantikan DPR RI periode 2019-2024. Momen ini pun tertangkap kamera saat Mega memilih membuang muka saat Surya Paloh berdiri dan hendak menyalami Mega.

Kejadian ini menjadi yang kedua kali terjadi setelah sebelumnya juga Megawati melewatkan nama Surya Paloh dalam sambutannya saat membuka kongres PDIP.

Apa Reaksi Kamu?