Pasha 'Ungu' Didaftarkan Jadi Cagub Sulteng di Pilkada 2020
Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said atau Pasha 'Ungu' didaftarkan menjadi calon gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Pilkada 2020. [Foto: Tribunnews.com]

Pasha 'Ungu' Didaftarkan Jadi Cagub Sulteng di Pilkada 2020

Kamis, 12 Des 2019 | 09:45 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said atau yang lebih dikenal Pasha ‘Ungu’ diprediksi bakal menjadi calon gubernur dalam Pilkada Sulawesi Tengah (Sulteng) 2020. Hal ini diperkuat dengan pernyataan Ketua Tim Pemenangan, Helmi Yunan Said.

Helmi menegaskan, tim pemenangan masih berupaya mencari dukungan, terutama dari partai politik (parpol) untuk ikut dlaam kontestasi Pilkada Sulteng 2020. Helmi mengatakan, tim pemenangan mengusung Pasha sebagai calon gubernur Sulteng, bukan sebagai wakil gubernur (wagub) Sulteng.

"Kalau cuma wakil gubernur, saya tidak akan ke sana ke mari mendaftarkan dia (di partai politik). Duduk manis saja saya," katanya usai mengambil formulir pendaftaran bakal calon gubernur Sulteng di Kantor DPD Partai Hanura Sulteng di Palu, Rabu (11/12) seperti dilansir Republika.co.id.

Helmi mengungkapkan, sudah banyak bakal calon gubernur Sulteng yang meminta Pasha untuk mendampingi mereka sebagai calon wakil gubernur. Akan tetapi,  ia bersama tim pemenangan yang lain tetap berupaya agar Pasha maju sebagai calon gubernur.

"Namun kepastian posisi Pasha apakah sebagai calon gubernur atau wakil gubernur Sulteng baru dapat kita tahu saat proses tahapan pendaftaran di KPU Sulteng dibuka," ujarnya.

Menurut Helmi, hingga sekarang semua masih serbabelum pasti. Peluang Pasha diusung dan maju sebagai calon gubernur masih terbuka lebar, namun tidak menutup kemungkinan ia bersedia dipinang sebagai calon wakil gubernur.

"Kalau memang ada perubahan baru kita bisa ketahui nanti waktu pendaftaran sudah dimulai. Karena memang sekarang kan belum ada bakal calon gubernur yang pasti diusung sebagai calon gubernur atau wakil gubernur. Semua keputusan dari pimpinan partai pusat," ujarnya.

Sementara itu, Bendahara DPD Partai Hanura Sulteng, Irsan Satria usai menerima Tim Pemenangan Pasha di Kantor DPD Hanura Sulteng mengatakan, Hanura siap menjadi pengusung calon gubernur dan wakil gubernur Sulteng. Sebab, Hanura hanya punya dua kursi di DPRD Provinsi Sulteng.

"Saat ini, kami fokus untuk memenangkan kader kami dalam Pilkada Kota Palu dan Kabupaten Morowali Utara," ujarnya.

Meski begitu, Irsan menyatakan, tetap memberi ruang kepada kader Partai Hanura yang ingin maju dalam Pilgub Sulteng. Ia menjelaskan, sudah ada lima bakal calon yang mengambil formulir pendaftaran, yaitu Hidayat Lamakarate, Rusdi Mastur, Rusli Dg Palabi, Ma'mun Amir, dan Sigit Purnomo Said.

"Kami tetap memberikan ruang kepada kader yang ingin maju, jadi silakan saja mendaftarkan diri," ucapnya. [republika]

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...