Pasokan AS tak terduga turun, minyak bergerak naik

Pasokan AS tak terduga turun, minyak bergerak naik

Harga minyak dunia menguat pada Rabu (Kamis pagi WIB), karena penurunan mingguan tak terduga dalam persediaan minyak mentah AS agak mengurangi kekhawatiran tentang permintaan di ekonomi terbesar dunia itu.

Departemen Energi AS (DoE) mengatakan pada Rabu bahwa persediaan minyak mentah komersial Amerika jatuh 4,2 juta barel dalam pekan sampai 24 Juli menjadi 459,7 juta, masih dekat dengan tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Para analis telah memperkirakan kenaikan lebih kecil.

Penurunan persediaan cenderung mendorong harga lebih tinggi karena mereka dapat mengindikasikan penguatan permintaan.

Selain penurunan besar dalam persediaan minyak mentah AS pekan lalu, dikatakan ada penurunan produksi minyak mentah AS, sebanyak 145.000 barel per hari.

Sejak awal Juli, kontrak berjangka WTI, yang telah stabil sekitar 60 dollar AS per barel di musim semi, telah mundur kembali ke posisi terendah yang terakhir terlihat pada Maret -- ketika mencapai titik terendah enam tahun di 45 dollar AS.

Phil Flynn dari Price Futures Group,mengatakan bahwa minyak juga mendapat dukungan dari laporan bahwa Arab Saudi sedang membicarakan tentang pengurangan produksi pada akhir musim panas. (jk)