Pastor dan Pengikutnya Dihukum Penjara 30 Tahun Gegara Lempar Orang ke Tumpukan Kayu Berapi
Foto: The Christian Post

Pastor dan Pengikutnya Dihukum Penjara 30 Tahun Gegara Lempar Orang ke Tumpukan Kayu Berapi

Rabu, 10 Mei 2017 | 09:44 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Seorang pastor dan beberapa pengikutnya dihukum pada hari Selasa (9/5) sampai 30 tahun penjara karena eksorsisme fatal di bagian terpencil Nikaragua dimana seorang wanita dilemparkan ke api.

Pastor bernama Juan Rocha, 23 tahun, dan empat lainnya menerima masa hukuman 30 tahun untuk tuduhan membunuh korban yang berusia 25 tahun dari Vilma Trujillo.

Dia dan tiga pengikutnya juga menerima enam tahun untuk penahanan ilegal wanita tersebut. Tapi menurut hukum Nikaragua, hukuman akumulasi maksimum mungkin akan ditutup pada 30 tahun.

Kelima terdakwa telah bersaksi dalam persidangan mereka bahwa mereka percaya Trujillo telah dirasuki oleh setan, namun membantah membunuhnya.

Dari tanggal 15 sampai 21 Februari, Trujillo tetap diikat tanpa makanan atau air di kapel gereja evangelis Rocha di desa barat laut El Cortezal, kata saksi mata.

Lalu dia dilemparkan secara telanjang ke tumpukan kayu yang terbakar. Korban diselamatkan beberapa jam kemudian oleh keluarga, dia meninggal setelah seminggu di rumah sakit Managua dengan luka bakar parah.

"Penderitaan yang menjadi sasaran Trujillo adalah sesuatu yang tidak harus diselesaikan manusia," kata hakim hakim Alfredo Silva seperti dikutip dari AFP .

Dia menambahkan bahwa pembunuhan tersebut telah direncanakan dan penyalahgunaan kepercayaan yang diberikan Trujillo terhadap orang-orang yang dihukum.

Rocha dan keempat pengikutnya, saudara laki-lakinya Tomasa Rocha dan Pedro Rocha, dan Franklin Jarquin dan Esneyda Orozco, dihukum karena pembunuhan dalam sebuah persidangan yang berakhir seminggu yang lalu.

Semua kecuali Orozco yang juga dinyatakan bersalah melakukan penahanan ilegal.

Pengadilan tersebut juga mendenda pria masing-masing $ 522, jumlah yang besar di Nikaragua, di mana gaji rata-rata kurang dari $ 400 per bulan.

Tidak ada satupun pria yang menunjukkan reaksi saat kalimat dibacakan.

Pengacara mereka mengatakan bahwa mereka akan mengajukan banding. Keyakinan yang disampaikan oleh pengadilan tidak dapat diajukan berdasarkan hukum Nikaragua.

Rocha termasuk dalam kelompok agama yang dikenal sebagai Assemblies of God. Pemimpinnya menjauhkan diri dari dia, mengatakan bahwa dia bukan seorang pengkhotbah yang ditunjuk untuk gereja mereka.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...