Patung Kuda Jakpus Mulai Dipadati Massa Aksi May Day

Patung Kuda Jakpus Mulai Dipadati Massa Aksi May Day

Senin, 1 Mei 2017 | 11:11 | kontributor

WinNetNews.com - Massa aksi Hari buruh internasional atau May Day mulai memadati titik kumpul di Patung Kuda, Silang Monas, Jakarta Pusat. Gelombang massa pun masih berdatangan, namun sudah ada yang mulai berorasi.

Pantauan di lokasi, Senin (1/5/2017) sekitar pukul 09.50 WIB, massa masih terus berdatangan dari berbagai penjuru. Kebanyakan dari mereka menggunakan kendaraan bus untuk sampai di Patung Kuda.

Massa tergabung dalam beberapa kelompok seperti Gabungan serikat pekerja manufaktur independen Indonesia (GSPMII), Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI). Selain itu juga ada yang dari Serikat Pekerja Nasional (SPN), dan kelompok buruh lainnya.

Masing masing kelompok massa membawa atribut dengan berbagai macam tuntutan. Sebagian kelompok massa berbaris dan mulai berjalan menuju arah Istana Merdeka yang berada di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Tuntutan-tuntutan buruh ini tersemat dalam atribut yang dibawa maupun dipakainya. Mereka meminta agar RUU Buruh Migran segera disahkan. Ada juga yang menyoroti soal keselamatan kesehatan kerja dan pesangon untuk buruh.

Kemudian ada yang meminta agar pihak berwenang memperhatikan soal masalah trafficking yang kerap terjadi terhadap buruh dan soal masalah percaloan. Mereka menolak PHK dan menuntut upah kerja layak.

Para buruh juga banyak yang membawa atribut bertuliskan harapannya terhadap jaminan sosial dan kesehatan. Banyak yang meminta penghapusan sistem magang bagi para buruh.

Massa juga membawa spanduk dan bendera-bendera besar. Salah satunya bertuliskan 'Hapus Outsourcing dan Pemagangan'. Atribut yang mereka kenakan pun juga berwarna warni. Ada pula yang membawa Bendera Merah Putih besar.

Beberapa kelompok massa membawa mobil komando. Orator berdiri di atasnya sambil meneriakkan tuntutan-tuntutan mereka.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...