Patung Yesus Terbesar Ada Di Nigeria

Patung Yesus Terbesar Ada Di Nigeria

WinNetNews.com - Nigeria meresmikan patung Yesus Kristus setinggi 9 meter yang terbuat dari marmer putih dan diklaim sebagai yang terbesar di benua Afrika, Jumat (1/1).

Patung "Jesus de Greatest" itu berdiri dengan telapak kaki telanjang dan kedua tangan terentang, dengan bobot 40 ton.

Lebih dari 100 pastur dan pemeluk Katolik menghadiri acara peresmian itu di desa Abajah, wilayah tenggara Nigeria.

Patung ini diinisiasi oleh pengusaha setempat Obinna Onuoha, yang menyewa sebuah perusahaan asal Tiongkok untuk memahat dan menempatkannya di halaman sebuah gereja berkapasitas 2.000 orang, yang dia bangun pada 2012.

Dalam ceramah misa sebelum peresmian patung tersebut, Uskup Augustine Tochukwu Okwuoma mengatakan patung itu akan menjadi "simbol keimanan yang sangat besar" bagi para jemaah Katolik dan juga orang-orang yang melintas.

 

"Ini akan mengingatkan mereka akan pentingnya Yesus Kristus," kata Okwuoma.

Tidak disebutkan biaya pembuatan patung tersebut.

Onuoha, 43, pengusaha perusahaan distribusi minyak dan gas, mengatakan peresmian patung tersebut bertepatan dengan hari jadi pernikahan orangtuanya yang ke-50.

Nigeria yang memiliki 170 juta penduduk adalah negara paling padat di Afrika dan memiliki komunitas Kristen yang relatif lebih makmur di wilayah selatan dan komunitas Muslim di utara, dan acapkali menjadi sumber ketegangan.

Kehadiran kelompok militan Boko Haram yang ingin membentuk negara sendiri dalam enam tahun terakhir telah menewaskan lebih dari 17.000 orang, namun sebagian besar kekerasan terjadi di wilayah utara.

Kelompok ini terus menjadi ancaman pemerintah, yang mengklaim bahwa perang melawan kelompok itu "secara teknis" telah dimenangkan.

"Kami berpendapat berbagai agama bisa hadir berdampingan. Kami berharap rakyat bisa hidup dalam harmoni," kata Onuoha.

Dia mengatakan ide membuat patung Yesus raksasa itu datang dalam mimpinya 20 tahun silam. Ketika ibunya yang berumur 68 tahun sakit keras beberapa tahun lalu, dia berjanji akan membangun sebuah gereja kalau ibunya bisa bertahan hidup.

(seperti dilansir BeritaSatu)