Payung Raksasa Mesjid Nabawi Jadi Primadona Pengunjung

Payung Raksasa Mesjid Nabawi Jadi Primadona Pengunjung

Senin, 29 Agt 2016 | 16:45 | Fellyanda Suci Agiesta
WinNetNews.com - Di Indonesia memiliki sebuah Mesjid yang sama persis seperti Mesjid Nabawi. Mungkin bukan bentuk dari mesjid ini, melainkan payung yang berada di depan mesjid. Di Masjid Nabawi, payung akan terbuka saat siang hari dan akan menutup menjelang malam hari atau sekitar pukul 18.00 waktu setempat.

Tinggi tiang payung di Mesjid Nabawi mencapai 20 meter yang sudah pasti dapat menutup seluruh pengunjung yang ada di sana. Mereka akan terlindungi dari sengatan matahari yang cukup terik, mengingat suhu udara di Arab Saudi mencapai 40 derajat celcius. Sedangkan pada malam hari, payung ditutup.

Masjid terbesar ke dua di dunia ini merupakan hasil kerja sama antara perusahaan Jerman dan Jepang. Puluhan payung yang berada di halaman Masjid Nabawi mulai ditempatkan pada tahun 2010. Proyek ini melibatkan berbagai pihak termasuk Menteri Perekonomian Arab Saudi, arsitek SL-Rasch, pabrik payung di Jerman yakni Liebherr dan perusahaan Jepang, Taiyo Kogyo.

Jika kamu perhatikan, dipinggir payung raksasa terdapat pita berwarna biru. Apa fungsinya?

Ternyata pita tersebut bisa menurunkan suhu dibawahnya sekitar 8 derajat celcius yang bisa membuat pengunjung merasa betah di bawah payung. Di dekat tiang payung juga terdapat kipas yang mengeluarkan air atau waterfan . Dengan adanya waterfan , maka pengunjung akan merasa lebih sejuk saat siang yang terik.

Tidak hanya itu saja, saat payung terbuka dan tertutup merupakan momen yang paling ditunggu – tunggu oleh pengunjung sekitar.

Bagi kamu yang penasaran seperti apa penampakan payung raksasa, inilah wujudnya: 

image0

image1

image2

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...