(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

PDI-P Jadi Partai Yang Paling Laku Pada Pilkada

Rusmanto
Rusmanto

PDI-P Jadi Partai Yang Paling Laku Pada Pilkada
WinNetNews.com - Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan menjadi partai politik yang mendapat kemenangan terbanyak pada Pilkada serentak tahun ini, yakni mencapai 105 daerah.

Kajian yang dilakukan Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) menyebutkan Partai Gerindra menyusul dengan 87 daerah, diikuti Partai Nasdem 85 daerah, dan PAN 80 daerah. Lalu PKS dengan 75 daerah, Demokrat 68 daerah, dan PKB 65 daerah. Selanjutnya adalah Hanura dengan 63 daerah, Golkar 49 daerah, PBB 32 daerah, PKPI 31 daerah, serta PPP 28 daerah.

Koordinator Nasional JPPR, Masykurudin Hafidz mengatakan kajian tersebut dilakukan untuk melakukan pemetaan terhadap potensi kemenangan pasangan calon berdasarkan dukungan dan koalisi partai politik. Adapun sumber data yang digunakan dalam kajian tersebut merupakan hasil olahan dari rekapitulasi formulir C1 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Tetapi, jumlah kemenangan yang diraih oleh masing-masing parpol tersebut tak selalu beriringan dengan jumlah pasangan calon yang diajukan. Total terdapat 630 pasangan calon dalam Pilkada yang digelar beberapa waktu lalu.

PDIP memimpin dengan total dukungan sebesar 244 pasangan. Kemudian diikuti Gerindra dengan 211 pasangan, Demokrat 205 pasangan, NasDem 199 pasangan, dan PAN 195 pasangan. Selanjutnya Hanura 187 pasangan, PKB 174 pasangan, PKS 162 pasangan, Golkar 116 pasangan, PKPI 90 pasangan, PBB 78 pasangan, dan PPP 70 pasangan.

disadur dari situs bisnis indonesia  

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});