Skip to main content

Pedasnya Gulai, Sop, dan Balungan di Sogul

Pedasnya Gulai, Sop, dan Balungan di Sogul
Pedasnya Gulai, Sop, dan Balungan di Sogul

Satu di antara tempat makan di Yogyakarta yang menawarkan hidangan ekstra pedas yang patut anda coba adalah Warung Sogul.

Di tempat makan yang berada di Jalan C. Simanjuntak no. 24 A Terban Yogyakarta tersebut menyediakan menu sop dan gulai. Memang nama "Sogul" sendiri adalah singkatan dari "Sop dan Gule Ayam".

Selain kedua menu tersebut, satu menu lagi yang menjadi andalan dari tempat makan ini adalah balungan (tulang) yang dimasak dengan bumbu kecap.

Yang membedakan sop dan gulai di tempat ini adalah, pengunjungnya bisa menentukan tingkat kepedasan yang dinginkan dengan cara memesan jumlah cabai rawit dalam setiap porsi gule ataupun sop.

image0

Selain bisa memesan tingkat kepedasan sesuai dengan selera, hal lain yang membedakan gulai di warung ini dengan warung lainya adalah pengunjung bisa memilih beberapa bagian pada ayam yang akan dimasak gulai.

Biasanya di warung gulai ayam lainnya, pengunjung hanya diberikan hidangan gulai daging ayam. Beberapa pilihan gulai ayam di warung Sogul adalah gulai dada, paha atas, sayap, paha bawah, kepala, ati ampela, dan gulai "kolesterol" yang berisikan kulit dan lemak ayam.

Selain memiliki rasa pedas, gulai ayam di Sogul juga kuat dengan aroma rempahnya. Rasa tersebut semakin pas dengan rasa gurih dari santan yang digunakan.

Dikatakan Kombun, beberapa bumbu yang digunakan untuk memasak gulai adalah santan, serai, laos, bawang merah, bawang putih, dan beberapa bumbu rempah lainnya.

image1

Menu lain yang paling banyak dicari pengunjung di sogul adalah balungan. Untuk menu ini, baru akan dimasak setelah ada pesanan.

Warung Sogul ini memiliki ukuran yang tidak besar, sehingga sering kali para pengunjung harus antre tempat duduk untuk menikmati makanan. Meskipun tempatnya kecil dan sering kali harus antre, hal tersebut tidak menyurutkan niat para pengunjung untuk menikmati sensasi pedasnya masakan di Sogul.

image2

Setiap harinya warung ini buka dari pukul 17.00 hingga 21.30. Untuk harganya pun cukup terjangkau, karena sebagian besar yang menjadi pelanggan Sogul adalah dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

Untuk menu gulai, harganya mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 18.000 per porsi. Harga sop mulai dari Rp 6.500 hingga Rp 8.500, dan untuk menu balungan harganya Rp 11.500.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top