Pedoman Puasa Senin-Kamis yang Penting untuk Diperhatikan

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Pedoman Puasa Senin-Kamis yang Penting untuk Diperhatikan Ilustrasi: New Strait Times
Winnetnews.com - Puasa sunah Senin-Kamis memang diketahui memiliki segudang manfaat. Salah satu manfaatnya adalah untuk meredakan hawa nafsu dan bisa membantu untuk menerapkan pola hidup sehat.

“Pengendalian hawa nafsu sebenarnya sudah dilakukan saat puasa Ramadhan. Namun banyak manusia melakukan perbuatan zalim sehingga kita diberikan tugas untuk melakukan puasa sunah. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengendalikan hawa nafsu sehingga makan secukupnya dan menerapkan pola makan yang sehat,” jelas dr. Zaidul Akbar dari Sehat Rasulullah, dikutip dari Detik Health.

Buah dan sayur merupakan menu yang baik untuk berpuasa Senin Kamis (foto: Cooking Light)

Porsi secukupnya yang dimaksud memang sepenuhnya bergantung pada kondisi tipa individu. Untuk mengukur hal tersebut, dr. Zaidul Akbar mengtakan jika perut harus dibagi rata untuk menampung makanan, air, dan udara. Setiap elemen tersebut porsinya tidak boleh kurang atau tidak boleh lebih dari sepertiga.

Untuk pemilihan makanan, dr. Zaidul merekomendasikan makanan sehat seperti buah dan sayur. Kedua jenis makanan ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat diperlukan tubuh. Mengonsumsi buah dan sayur secara cukup dan beragam dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

“Harus diingat untuk tidak makan secara berlebihan. Jika berlebihan, maka kita akan merasa malas dan tidak ingin bergerak. Padahal tubuh kita diciptakan untuk selalu rajin beribadah dan bekerja,” pungkas dr. Zaidul

Apa Reaksi Kamu?