Pegiat Agraria Dukung Penuh Haris Azhar

Pegiat Agraria Dukung Penuh Haris Azhar

Rabu, 10 Agt 2016 | 11:46 | Zaenal Arifin

 Jakarta, Winnetnews.com -  Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Haris Azhar, mendapat dukungan penuh dari pegiat agraria dan petani yang bergabung dalam sejumlah organisasi.

Organisasi seperti Serikat Petani Majalengka (SPM), Serikat Petani Karawang (Sepetak), Serikat Tani Indramayu (STI), Aliansi Petani Indonesia (API) dan Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) pun memberikan tudung kepala petani (caping) kepada Haris sebagai simbolisasi dukungan.

"Caping merupakan bagian dari identitas dan harga diri petani, pelindung kepala dari terik matahari. Kami memberikan ini kepada Kontras dan Haris Azhar, karena harga diri mereka tidak bisa dirampas dengan semena-mena," kata Sekjen KPA Iwan Nurdin di Sekretariat KPA, Jakarta, Rabu (10/8/2016).

Menurut Iwan, pelaporan Haris Azhar ke Bareskrim Polri oleh BNN, TNI dan Polri karena mempublikasikan tulisan hasil wawancara dengan terpidana mati Freddy Budiman yang menyebut beberapa pejabat ketiga institusi tersebut terlibat dalam bisnis gelap narkoba, merupakan bentuk kriminalisasi.

Pola yang sama, lanjut dia, juga diterapkan aparat keamanan terhadap pegiat-pegiat agraria di berbagai daerah di Indonesia.

"Pada tahun 2015, ada 278 petani dan pegiat agraria yang dikriminalisasi, ditangkap, ditahan hingga dipidanakan paksa. Sementara dari tahun 2004--2014, ada 1.395 orang mendapat perlakuan yang sama," ujar Iwan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...