Pejabat Kemenhub Bakal Naik Mobil Listirk, Anggarannya? Menhub: Nanti Disampaikan

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Pejabat Kemenhub Bakal Naik Mobil Listirk, Anggarannya? Menhub: Nanti Disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi tengah menjajal taksi listrik Blue Bird di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. (Foto: Antara)

Winnetnews.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal melakukan pengadaan sekitar 100 mobil listrik pada Desember 2019 ini. Nantinya jajaran Eselon I dan II akan menggunakan mobil listrik.

"Eselon II, eselon I (akan pakai mobil listrik)," kata dia di Bandara Soetta, Cengkareng, Minggu (8/9/2019).

Pengadaan mobil listrik tersebut melalui leasing alias sewa. Budi Karya belum mau menyebutkan merek dan anggaran yang bakal digelontorkan Kemenhub.

"(Kisaran anggaran yang dialokasikan) nggak hapal, nanti disampaikan," terangnya.

Diperkirakan pengadaannya bakal direalisasikan pada Desember tahun ini. Kemenhub akan bekerja sama dengan swasta dalam mengadakan kendaraan listrik itu.

"Mungkin Desember (akan mulai direalisasikan)," sebutnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjajal taksi listrik Blue Bird. Perjalanan dimulai dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) ke kawasan Senayan, Jakarta Selatan.

Mantan Dirut PT Angkasa Pura II itu mengaku puas menjajal taksi listrik. Menurutnya kendaraan dengan energi ramah lingkungan itu nyaman digunakan.

"Convenience (nyaman) sekali ya tidak ada noise (kebisingan)," kata Budi Karya di kawasan Senayan.

Bahkan taksi listrik yang dia tumpangi menempuh hingga kecepatan di atas 100 kilometer (km) per jam. Dengan kecepatan tersebut, mobil listrik mampu melaju dengan stabil.

"Saya tadi sengaja kecepatan tingkatnya sampai 100 km per jam. Itu stabil sekali. Jadi sangat convenience, tidak bersuara dan kecepatannya bisa tinggi, dan kelihatannya supirnya ahli," tambah dia.

Dalam kesempatan tersebut, Budi Karya didampingi oleh Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Ahmad Yani dan Direktur Utama PT Blue Bird Tbk Noni Purnomo. Dia menumpangi taksi listrik keluaran BYD e6 A/T. Ikut dalam iring-iringan yaitu Tesla Model X 75D A/T.

Apa Reaksi Kamu?