Pelaku Bom Brussels Khalid dan Ibrahim El Bakraoui

Pelaku Bom Brussels Khalid dan Ibrahim El Bakraoui

Rabu, 23 Mar 2016 | 16:16 | Rusmanto
WinNetNews.com - Dua ledakan bom yang mengguncang Brussels, Belgia merupakan serangan bom bunuh diri oleh dua pria. Kedua pengebom bunuh diri itu diyakini sebagai kakak-beradik yang sedang diburu atas keterkaitan dengan Salah Abdeslam, tersangka utama serangan teror di Paris, Prancis tahun lalu.

Menurut sumber kepolisian Belgia seperti diberitakan stasiun televisi lokal, RTBF dan dilansir AFP, Rabu (23/3/2016), kedua pengebom bunuh diri tersebut bernama Khalid dan Ibrahim El Bakraoui.

Disebutkan sumber tersebut, Khalid pekan lalu menyewa sebuah unit apartemen di Brussels dengan menggunakan nama palsu. Di apartemen itulah polisi menemukan sidik jari Abdeslam setelah penggerebekan.

Polisi menangkap Abdeslam, buronan Eropa yang paling dicari, dalam operasi dramatis di Brussels pada Jumat, 18 Maret lalu.

Khalid juga diyakini terkait dengan penyewaan apartemen di kota Charleroi, Belgia selatan. Di apartemen itulah, Abdeslam dan militan-militan ISIS lainnya yang berbasis di Brussels mempersiapkan serangan teror di Paris pada 13 November 2015. Serangan teror itu menewaskan 130 orang.

Ledakan di Brussels terjadi selang beberapa hari setelah penangkapan Salah Abdeslam, tersangka serangan teror di Paris, Prancis yang menewaskan 130 orang. Tersangka yang diburu sejak November tahun 2015 itu, berhasil ditangkap di Brussels. Sejak saat itu, otoritas Belgia dalam kondisi waspada tinggi terhadap aksi balasan.

Kepolisian Belgia saat ini masih memburu satu tersangka terkait ledakan kembar di bandara Brussels. Tersangka yang diyakini terkait kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) ini kabur setelah ledakan terjadi.

disadur dari situs detik news

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...