Pelaku Penyebar Hoaks Brimob Impor Ditangkap di Bekasi

Daniel
Daniel

Pelaku Penyebar Hoaks Brimob Impor Ditangkap di Bekasi Istimewa

Winnetnews.com - Pada saat kericuhan terjadi pada 21-22 Mei 2019, ada satu momen di mana tersebar informasi mengenai ‘brimob impor’ lewat media komunikasi WhatsApp. Chat yang menghebohkan itu menunjukkan brimob yang diduga berasal dari China karena ciri-ciri fisiknya, seperti mata yang sipit.

Tuduhan kabar yang beredar luas dan cukup menggemparkan tersebut ternyata adalah hoaks semata. Atas dasar penyebaran hoaks, pelaku penyebaran pesan yang berisi foto ketiga brimob tersebut akhirnya ditangkap di daerah Bekasi, Jawa Barat.

Tersangka penyebaran hoaks tersebut bernama Said Djamaludin Abidin (SDA). SDA terancam hukuman penjara selama enam tahun. Pelaku sendiri sebenarnya sempat berswafoto dengan ketiga brimob yang dituduh sebagai brimob impor.

“Tersangka diyakini telah melakukan perbuatan menyebarkan informasi dan menimbulkan rasa kebencian,” ujar Kasubdit II Cyber Bareskrim Polri Kombes Ricky Naldo Chairul, seperti dikutip dari Antara.

“Terhadap tersangka disangkakan sebagaimana dimaksud pasal 45A ayat (20 jo pasal 28 ayat (2) UU No 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau pasal 16 Jo pasal 4 huruf b angja 1 UU No 40 tentang 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo.

Apa Reaksi Kamu?