Skip to main content

Pelindo Siapkan Terminal Penumpang Kapal di Dalam Ancol

Pelindo Siapkan Terminal Penumpang Kapal di Dalam Ancol
Pelindo Siapkan Terminal Penumpang Kapal di Dalam Ancol

Jakarta, CNN Indonesia -- Operator pelabuhan pelat merah PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Pelindo II berencana membangun terminal baru penumpang kapal laut dan terminal kapal pesiar internasional (cruise) di kawasan Ancol Timur, Jakarta Utara. Selama ini para penumpang kapal masih harus berbagi dengan barang-barang yang juga dibongkar turun di pelabuhan Tanjung Priok.

“Pelindo II sedang menyiapin terminal penumpang yang baru di Ancol Timur. Jadi nanti masuknya penumpang tidak dari pelabuhan Tanjung Priok. Jadi pisah antara penumpang dan barang,” kata Direktur Utama Pelindo II Richard Joost Lino di Jakarta, Senin (24/8).

Lino menyebutkan saat ini desain terminal penumpang tengah dipersiapkan. Terminal itu akan dibangun di atas lahan hasil reklamasi seluas hampir 200 hektare. Proses reklamasinya sendiri baru dimulai tahun depan.

“Lahan itu memang untuk pelabuhan dari dulu, sudah ada izinnya,” klaim Lino.

Ia memperkirakan pembangunan terminal baru itu akan dimulai tahun depan dan bisa sepenuhnya beroperasi dalam 2,5 tahun mendatang. Rencananya, sekitar 12-14 kapal pesiar bisa bersandar di terminal tersebut.

“Jadi yang ada sekarang, terminal penumpang yang di Priok itu akan dibongkar,” ujarnya.

Lino mengaku nilai investasi proyek itu masih dihitung. Kendati demikian, Pelindo II akan membiayainya dari kas internal perusahaan.

“Pelindo II ini banyak punya uang. Dengan uang sekarang masih cukup untuk membiayai semua,” kata Lino.

Tak hanya membangun terminal penumpang, Pelindo II bahkan berencana membangun apartemen di kompleks terminal penumpang Ancol Timur. Menurutn Lino, membangun terminal penumpang saja tidak menghasilkan keuntungan.

“Punya apartemen yang harbour view kan istimewa,” kata Lino.

(cn)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top