Peluncuran Rudal Balistik Milik Korea Utara Melayang ke Korea Selatan
Foto: Istimewa

Peluncuran Rudal Balistik Milik Korea Utara Melayang ke Korea Selatan

Minggu, 14 Mei 2017 | 10:21 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Korea Utara menguji coba meluncurkan sebuah rudal balistik yang terbang sekitar 700 kilometer, Minggu (14/5), menurut militer Korea Selatan.

Ini adalah kemungkinan tanggapan terhadap pemilihan empat hari yang lalu dari seorang presiden Korea Selatan yang baru dan saat militer AS, Jepang dan Eropa berkumpul untuk pertandingan perang di Pasifik.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengkonfirmasi peluncuran di pagi hari, namun hanya memiliki beberapa rincian saja, termasuk jenis rudal balistik yang dikeluarkan.

Sebuah pernyataan mengatakan bahwa rudal itu ditembakkan dari dekat Kota Kusong, di provinsi Phyongan Utara. Militer Korea Selatan dan AS menganalisis rinciannya.

Orang luar akan sangat tertarik dengan proyektil jenis apa yang dikeluarkan. Sementara Korea Utara secara teratur menguji rudal jarak pendek, namun juga bekerja untuk menguasai teknologi yang dibutuhkan untuk mengunggulkan rudal bertingkat nuklir yang bisa mencapai daratan AS.

Peluncuran satelit jangka panjang Korea Utara telah disebut uji klandestin teknologi ICBM, namun belum diyakini telah menguji rudal balistik antarbenua yang sesungguhnya.

Pekan lalu Korea Selatan memilih presiden baru, Moon Jae-in, yang menyukai pendekatan yang jauh lebih lembut daripada pendahulunya yang konservatif, Park Geun-hye, yang dipenjara karena sedang menjalani persidangan korupsi. Korea Utara membutuhkan tes untuk menyempurnakan program rudalnya, namun diperkirakan akan memulai peluncurannya setelah pemilihan presiden baru AS dan Korea Selatan dalam upaya untuk mengukur reaksi administrasi baru.

Moon memanggil rapat keamanan nasional darurat pada hari Minggu, namun dia tidak segera membuat pernyataan apapun mengenai peluncuran tersebut.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...