Pemakaian High Heels Pada Anak-Anak Ternyata Berbahaya Loh !

Pemakaian High Heels Pada Anak-Anak Ternyata Berbahaya Loh !

Wingamers – Trend fashion tidak ada matinya. Anak-anak tidak mau kalah dengan yang dewasa. Dengan memadu madankan gaya busana, anak-anak dapat terlihat modis. Sering kita lihat saat ini, anak-anak perempuan banyak yang memakai high heels layaknya wanita dewasa. Terlihat lucu memang, tetapi dibalik modis si anak, ada dampak negative.

Di sisi kesehatan, ternyata high heels yang dipakai balita menimbulkan bahaya kesehatan, terutama kaki si balita yang masih dalam usia tumbuh kembang. Sebagai orangtua harus ingat bahwa kaki anak-anak masih mengalami pertumbuhan secara aktif. Apabila memaksa untuk memakaikan high heels terlalu dini risikonya dapat mengubah proses pertumbuhan normal. Anak-anak di bawah usia 12 yang memakai high heels akan mempertaruhkan kakinya secara permanen.

High heels ternyata dapat memperpendek peregangan pada otot betis dan tendon kaki. Tulang-tulang di kaki si bayi yang seharusnya tumbuh normal, tiba-tiba menjadi terganggu. Selain itu, sepatu hak tinggi itu juga akan menciptakan lebih banyak tekanan pada kaki depan, atau bantalan kaki, dan pada jari-jari kaki.

Padahal anak-anak masih suka berlari, berjalan dan melompat-lompat. Jika mereka pakai high heels, risikonya mudah terjatuh dan pergelangan kaki bisa cedera seketika.

Jadi sepatu yang tepat yang digunakan untuk si bayi dan anak-anak yaitu memiliki bantalan empuk, bentuk sepatu lebar dan jangan memilihkan dia sepatu yang susah dipakai, misalnya banyak tali. Juga sepatu yang cocok untuk si bayi yaitu flat shoes dengan sol karet empuk agar bisa merangsang tumbuh kembang kakinya dengan sempurna.