Pembangkit Listrik yang kedua di Program 35.000 MW telah beroperasi

Rike
Sabtu, 30 Juli 2016 22:30 WIB
Oleh Rike pada Sabtu, 30 Juli 2016 22:30 WIB
Image Pembangkit Listrik yang kedua  di Program 35.000 MW telah beroperasi

WinNetNews.com-PLN sudah mengoperasikan satu unit mesin Mobile Power Plant (MPP) Jeranjang berkapasitas 25 MW setelah Sebelumnya melakukan uji coba tegangan untuk memastikan kehandalan mesin dan penyesuaian pada sistem existing. Pembangkit dengan toal kapasitas 2x25 MW ini terletak di Desa Taman Ayu, Kabupaten Lombok Barat, dan dihadiri Presiden Joko Widodo ketika groundbreaking pada 11 Juni 2016.

MPP Jeranjang ini adalah Pembangkit Listrik kedua dari program 35.000 MW yang sudah berhasil beroperasi, guna tahap awal, 25 MW sudah masuk sistem selanjutnya dalam waktu dekat 25 MW bakal menyusul untuk dilakukan uji coba keandalan mesin. "Seluruh uji coba untuk mesin pertama berkapasitas 25 MW telah berhasil dilakukan, dan secara resmi masuk sistem kelistrikan lombok, tambahan daya sangat penting terutama saat ini Lombok menjadi tuan rumah perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XXVI Tahun 2016 di NTB, yang artinya PLN menyatakan kesiapannya untuk menyokong kebutuhan listrik selama pergelaran acara tersebut berlangsung " terang Direktur Regional Bisnis Sulawesi dan Nusa Tenggara, Machnizon Masri, dalam keterangan tertulis Sabtu (30/7/2016).

MPP di Lombok ini jadi salah satu program strategis PLN yang tertuang dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) tahun 2015 – 2024. Hal ini jadi bukti komitmen PLN pada pembangunan infrastruktur kelistrikan di NTB untuk mewujudkan ratio elektrifikasi hingga 100 persen. Sementara itu MPP berbahan bakar gas berpotensi bisa menghemat biaya pengeluaran untuk BBM hingga 26 Milyar per tahun.

"Dengan masuknya MPP 50 MW ke dalam sistem Lombok maka diperkirakan rasio elektrifikasi di Lombok akan meningkat dari 73,83% (per April 2016) menjadi 78,16 % pada Desember 2016, dengan peningkatan ini diharapkan bisa menjadi katalisator perekonomian masyarakat," kata Machnizon

Waspadai Bumbu Masakan Ini
Rizal Ramli Klaim PT PLN Merugi Karena Jokowi Tidak Mendengarkan Nasihatnya

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.