Pembangunan Jalur Kereta Api Menuju Bandara Soetta Terus Dikebut

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Pembangunan Jalur Kereta Api Menuju Bandara Soetta Terus Dikebut

WinNetNews.com - Proyek pembangunan jalur kereta api menuju Bandara Soekarno Hatta terus dikebut. Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak bingung memilih transportasi menuju bandara maupun sebaliknya.

Senior Manajer Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Bambang S Prayitno mengatakan, Kemenhub, Pemprov Banten, Pemkot Tangerang dan PT KAI serta PT Railink sebagai operator, secara bertahap membangun sarana dan prasarana transportasi yang terintergrasi ini dengan jarak tempuh sekira 37,65 Km.

Jalur kereta api menuju Bandara Soetta yakni mulai dari stasiun Manggarai, Sudirman Baru, Tanah Abang, Duri, Batuceper dan berakhir di stasiun Bandara Soetta.

Sementara jalur KA eksisting yang digunakan mulai dari Stasiun Manggarai sampai Batu Ceper dan pembangunan jalur KA baru (Double track) mulai Batuceper sampai dengan stasiun di Bandara Soetta (M1) sepanjang 12,3 Km dan rincian luasan milik masyarakat 150.069 meter persegi (452 bidang). Selanjutnya, milik PT Angkasa Pura 94.826 meter persegi (22 bidang) dan fasum 8.054 meter persegi (52 bidang).

Bambang mengatakan butuh dukungan dari masyarakat dan instansi terkait demi terciptanya transportasi yang aman dan nyaman.

PT KAI melalui PT Railink sebagai operator KA Bandara akan mengoperasikannya dengan rencana 10 train set KA khusus, dan masing-masing trainset terdiri 6 kereta/gerbong dengan jumlah seat 272. "Kapasitas angkut 33.728 per harinya," ujarnya.

 

Apa Reaksi Kamu?