Pembunuh Kim Jong-Nam Akui Tak Berniat Membunuh, tapi Melakukan Sebuah Lelucon
Kim Jong-Nam, Kakak Tiri Pemimpin Korea Utara (Kim Jong-Un) tewas dibunuh di Malaysia. FOTO:ISTIMEWA

Pembunuh Kim Jong-Nam Akui Tak Berniat Membunuh, tapi Melakukan Sebuah Lelucon

Jumat, 17 Feb 2017 | 07:58 | kontributor

Intograsi kasus pembunuhan Kim Jong Nam, kakak tiri dari orang nomor satu di Korea Utara, Kim Jong Un terus dilakukan kepolisian Malaysia. Pengakuan mengejutkan muncul dari dua tersangka yang masing-masing bernama Doan Thi Huong, pemilik paspor Vietnam dan Siti Aisyah asal Indonesia.

Doan mengaku bahwa dirinya sama sekali tak berniat membunuh, bahkan menyakiti Kim Jong Nam. Katanya, Doan diminta oleh seorang perempuan dan empat lelaki untuk melakukan aksi lelucon dengan cara mengoleskan cairan ke wajah Kim Jong Nam di Bandara Kuala Lumpur baru-baru ini. Dikiranya aksi tersebut bukan lelucon yang berbahaya.

Doan mengaku "diabaikan" oleh mereka yang menyuruh untuk melakukan lelucon usai beraksi. Doan menyebut kalau kelima orang itu serta Aisyah merupakan teman liburannya selama berada di Kuala Lumpur, Malaysia.

Aksi Doan ini tertangkap kamera pengintai di bandara. Rekaman tersebut memperlihatkan Aisyah terlibat karena sempat bersama Doan. Mereka mulai berpisah ketika Kim Jong Nam tengah bersiap untuk check-in.

Pengakuan Doan ini sangat bertolak belakang dengan laporan media Korea Selatan. Dalam laporan media Korea Utara, Doan dan Aisyah yang waktu itu belum terungkap identitasnya disebut sebagai agen dari Korea Utara yang melakukan pembunuhan dengan menggunakan jarum beracun.

Tak hanya itu sumber lain yang berasal dari pemerintah AS juga meyakini bahwa Korea Utara berada di balik pembunuhan ini. Meski belum mendapat tanggapan dari pemerintah Korea Utara, utusan Korea Utara mendesak agar Malaysia memulangkan jenazah Kim Jong Nam tanpa dilakukan autopsi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...