Pemda DKI Bisa Tiru Kota Madrid untuk Atasi Polusi dan Kemacetan
Foto: BBC

Pemda DKI Bisa Tiru Kota Madrid untuk Atasi Polusi dan Kemacetan

Rabu, 18 Jan 2017 | 09:36 | Gunawan Wibisono

WinNetNews.com - Mungkin Pemerintah Daerah (Pemda) Jakarta harus mencontoh Pemerintah Kota Madrid, Spanyol yang benar-benar serius untuk menekan polusi udara yang ada di Kota itu. Mereka punya cara yang benar-benar keras dan dipastikan akan ditaati oleh warganya dalam mengatasi masalah polusi, yaitu dengan membatasi penggunaan kendaraan pribadi yang tidak ramah lingkungan. Pembatasan penggunaan kendaraan pribadi ini akan berlaku pada 2019 yang akan datang.

Tapi ternyata sebelumnya Madrid bermaksud untuk melarang penggunaan kendaraan diesel untuk mengatasi polusi ini. Rencananya, wacana tersebut akan direalisasikan pada 2025.

Namun kali ini, seperti dilansir Carscoops, Rabu (18/1/2017) pemerintah kota Madrid punya solusi lain yaitu dengan melarang penggunaan kendaraan pribadi yang tidak ramah lingkungan di Madrid. Walikota Madrid, Manuela Carmena mengatakan bahwa dia berniat untuk memberlakukan peraturan itu.

Meski begitu, hanya kendaraan pengiriman yang ramah lingkungan yang boleh digunakan selama jam kerja. Untuk mendukung larangan ini, Gran Via, jalanan enam jalur yang melewati pusat kota bisa digunakan oleh sepeda, bus dan taksi.

Bersepeda di Kota Madrid

Bersepeda di Kota Madrid/foto: eurocheapo.com

Pemikiran Carmena ini akan menjadi langkah pertama di sebuah kota besar di Eropa dalam merespons tingkat polusi yang tinggi.

Kalau di Jakartasendiri, permasalahan yang harus diatasi bukan hanya polusi, tapi macet. Jakarta pada tahun 2016 kemarin termasuk dalam salah satu kota paling termacet di dunia, menemani Kota Instabul, Turki dan Meksiko City, Meksiko.

Jika memang Pemda Jakarta benar-benar serius untuk memecahkan permasalahan ini, Pemda harus menerapkan apa yang juga dilakukan oleh Pemerintah Kota Madrid. Tapi sebelum membuat pelarangan pemakaian kendaraan pribadi, Pemda harus benar-benar membenahi angkutan umum yang ada sekarang ini. Dari tingkat kenyamanannya, keamanannya dan keselamatannya Pemda harus benar-benar membenahinya.

Jika Pemda Jakarta benar-benar serius, warga pasti dengan senang hati akan mendukungnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...