Pemeriksaan Covid-19 di Rumah Jerry Lo, Ombudsman: Tidak Boleh Diskriminatif
Foto: Detik.com

Pemeriksaan Covid-19 di Rumah Jerry Lo, Ombudsman: Tidak Boleh Diskriminatif

Kamis, 26 Mar 2020 | 08:50 | Anggara Putra Utama

Winnetnews.com -  Media sosial dihebohkan dengan video yang menunjukan pemeriksaan Covid-19 di rumah pengusaha Jerry Hermawan Lo yang juga dihadiri Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan alias Iwan Bule. Terkait ini, Komisioner Ombudsman Republik Indonesia Alvin Lie menilai hal tersebut tak lazim

Alvin menganggap praktik tersebut tidak adil dan cenderung diskriminatif. "Ini sangat-sangat luar biasa kalau ada orang yang hanya karena berduit bisa mendatangkan mobil melayani (pemeriksaan) di rumahnya, bahkan dikawal jenderal polisi, ini sungguh tak adil bagi masyarakat Indonesia," kata Alvin dikutip dari Tempo.co.

Pemeriksaan Covid-19, jelas Alvin seharusnya tak boleh diskriminatif. Sebagai lembaga negara, ia mewakili Ombudsman yang senantiasa mengawasi pelayanan terhadap masyarakat. "Kami di Ombudsman minta agar praktik seperti ini dihentikan sekarang juga," kata Alvin.

Menurutnya, pemeriksaan Covid-19 ditujukan untuk kepentingan seluruh masyarakat. Namun sejauh ini, pemeriksaan dilakukan di rumah sakit. Ia mencontohkan,dirinya pun datang ke RSUD Wongsonegoro Semarang, Jawa Tengah untuk mengikuti rapid test Covid-19.

Di rumah sakit, masyarakat dilayani berdasarkan siapa yang datang dan mendaftar terlebih dulu. Nantinya akan diwawancara untuk menentukan prioritas penanganan. "Bahkan menteri, pejabat-pejabat negara dari berbagai instansi pun datang ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan tersebut," tambah Alvin.

Saat ini pemeriksaan diutamakan untuk mereka yang berhubungan dekat dengan yang sudah positif Covid-19 serta pernah pergi ke daerah atau negara yang termasuk berisiko tinggi dalam dua hingga tiga pekan terakhir. Skala prioritas ini diambil karena adanya keterbatasan tenaga medis dan peralatan.

Pemeriksaan Covid-19 di rumah Jerry Lo ini sebelumnya viral di media sosial. Lewat keterangan tertulis, Jerry mengatakan ia menggunakan klinik mobile medis dari Rumah Sakit Royal Progres untuk mengecek darah dan rontgen keluarga.

Jerry juga memanggil dokter dari RS tersebut karena alat rapid test kit Covid-19 tidak tersedia di pasaran. "Maksud dan tujuan melaksanakan test agar jelas apakah ada karyawan di rumah yang terpapar virus Covid-19," ujar Jerry Hermawan melalui keterangan tertulis.

Terkait adanya Iwan Bule dalam pemeriksaan di rumahnya, Jerry menjelaskan sengaja mengundangnya dan menawarkan apabila PSSI ingin melakukan tes yang sama.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...