Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

Jakarta, wingamers - Untuk mencegah penularan penyakit dari hewan ternak ke manusia, para petugas kesehatan DKI Jakarta melakukan sidak untuk memeriksa kesehatan hewan ternak yang dijual oleh pedagang. Hewan ternak tersebut merupakan hewan yang diperuntukan untuk dijadikan hewan kurban. Kegiatan ini penting dan setiap tahunnya dilakukan oleh pemerintah guna mengawasi perdagangan ternak ke masyarakat.

Dilansir dari situs beritaJakarta, sebanyak 257 lokasi penjualan hewan kurban di Jakarta telah diperiksa kesehatannya. Seluruh lokasi tersebut tersebar di lima wilayah kota, di antaranya di Jakarta Selatan sebanyak 17 lokasi, Jakarta Timur 116 lokasi, Jakarta Barat 60 lokasi, Jakarta Pusat 18 lokasi, dan Jakarta Timur 46 lokasi. Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, dari 257 lokasi tersebut pihaknya telah memeriksa sebanyak 16.652 hewan dengan rincian 7.618 sapi, 7.786 kambing, 1.194 domba dan 54 kerbau.

Menurut Darjamuni, jika dibandingkan tahun lalu jumlah lokasi yang diperiksa masih sedikit. Namun, pihaknya akan terus melakukan pemeriksaan hingga menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha. "Kami akan terus melakukan pemeriksaan sampai hari H, jangan sampai hewan kurban yang sakit dijual ke warga," ujarnya, Selasa (15/9). Sejauh ini, kata Darjamuni, pihaknya belum menemukan hewan yang mengalami sakit berat. Namun ada sekitar enam ekor hewan yang stres akibat turun dan naik kendaraan. "Langsung kami beri obat, jadi tidak masalah," tandas Darjamuni.