(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Pemerintah Akan Hidupkan Kembali 4 Jalur Kereta di Jabar

Rusmanto
Rusmanto

Pemerintah Akan Hidupkan Kembali 4 Jalur Kereta di Jabar istimewa

WinNetNews.com - Pemerintah berencana mereaktivasi atau menghidupkan lagi jalur-jalur kereta api mati. Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi) program ini dirancang untuk pengembangan kawasan wisata.

"Memang akan dimulai reaktivasi jalur-jalur baru. Tidak hanya satu, tapi ada 4 yang akan segera dimulai termasuk nanti yang masuk ke kawasan-kawasan wisata, karena memang dulunya ada dan ini menyangkut kawasan-kawasan wisata," ujar Jokowi saat kunjungan kerja di Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1/2019).

Sebelumnya, Dirut PT Kereta Api Indonesia (KAI), Edi Sukmoro mengatakan ada 4 jalur kereta api di Jawa Barat (Jabar) yang akan dihidupkan. Pertama, jalur Bandung-Ciwidey. Kedua, Rancaekek-Tanjungsari.

Ketiga, Banjar-Pangandaran-Cijulang, keempat, Cibatu-Cikajang sudah lama tidak digunakan. Di sepanjang jalur tersebut sebagian besar sudah berdiri pemukiman warga. Kondisi menjadi tantangan dan KAI akan berusaha mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Jokowi melanjutkan, proyek reaktivasi tersebut ditargetkan rampung 2 tahun, dan dia juga tidak menutup kemungkinan bakal mundur dari target. Yang penting, kata Jokowi, proyek tersebut bisa segera dimulai.

"Yang paling penting segera dimulai. Saya targetkan dua tahun tetapi mungkin mundur sedikit-sedikit lah. Ini hanya reaktivasi," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan reaktivasi jalur kereta mati akan mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan wisata yang dilewati jalur kereta tersebut.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di www.detik.com dengan judul "Jokowi Janji Hidupkan 4 Jalur Kereta Mati di Jawa Barat"

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});