Pemerintah Akan Lanjut Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung hingga Surabaya
Foto: Okezone.com

Pemerintah Akan Lanjut Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung hingga Surabaya

Jumat, 29 Mei 2020 | 14:10 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sering disebut sebagai salah satu andalan proyek strategis pemerintahan Jokowi. Kini, Menko Perekonomian Airlangga Hartanto menyebut proyek tersebut akan dilanjut hingga Surabaya. Ia mengungkapkan, hal tersebut merupakan arahan langsung dari Presiden.

"Arahan Presiden, agar lebih ekonomis, untuk didorong kelanjutan proyek tidak hanya berhenti di Bandung, tapi sampai Surabaya," kata Airlangga, usai rapat kabine, Jumat (29/5/2020).

Berkaitan dengan proyek ini juga, sekaligus menandakan batalnya rencana proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya batal karena akan terintegrasi dengan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Menurut Airlangga integrasi dua proyek ini dilakukan agar lebih ekonomis karena proyek kereta cepat Jakarta-Bandung saat ini telah menelan banyak biaya.

Selain itu, ia juga berharap dalam proyek terintegrasi ini akan lebih banyak konsorsium yang ikut serta.

"Diusulkan agar konsorsium bisa ditambah dari konsorsium dari Jepang," ucap Airlangga.

Diketahui, hingga 14 Mei, realisasi pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah mencapai 48,3 persen, dengan target konektivitas hingga 70 persen pada akhir 2020.

Proyek tersebut ditargetkan selesai konstruksi fisik pada 2021 mendatang.

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Chandra Dwiputra mengatakan disbursement atau pengeluaran yang digelontorkan untuk proyek ini hingga 30 Aprill 2020 senilai 2,4 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 35 triliun.

Untuk menegjar ketepatan waktu, proyek kereta cepat ini pun tetap dikerjakan meskipun di tengah Pandemi virus corona.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...