Pemerintah Akan Mengkaji Ulang Rencana Lapindo

Pemerintah Akan Mengkaji Ulang Rencana Lapindo

Selasa, 12 Jan 2016 | 19:35 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Pemerintah akan melakukan kajian ulang yang lebih mendalam terhadap rencana pemboran Sumur Tanggulangin oleh Lapindo Brantas Inc.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, pihaknya sudah meminta Lapindo menghentikan rencana pemboran Sumur Tanggulangin. Selanjutnya, Kementerian ESDM bersama pihak terkait lainnya akan melakukan kajian mendalam atas rencana tersebut.

“Jadi nanti ada kajian teknis yang lebih mendalam, dibahas lagi bersama SKK Migas (Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi), Badan Geologi, Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), Komite Eksplorasi Nasional (KEN), sampai Pemerintah Daerah,” kata dia dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (11/1).

Meski demikian, pihaknya tidak bisa memastikan kajian ini selesai. Kementerian ESDM sendiri menyerahkan sepenuhnya kepada para ahli untuk menyelesaikan kajian tersebut. Atas dasar itu, ESDM juga tidak bisa memastikan apakah Lapindo masih bisa membor sumur pada tahun ini. “Kami tidak mau berandai-andai, kita tunggu saja hasil kajiannya,” ujar Wiratmaja.

Pemerintah sudah menghentikan seluruh kegiatan Lapindo di lapangan. Sebelum dihentikan, rencana pemboran Sumur Tanggulangin oleh Lapindo baru sampai tahap persiapan area pemboran.

Perusahaan migas itu mengajukan rencana pemboran dengan alasan bahwa lapisan yang akan dibor jauh lebih dalam. Sementara blow out yang terjadi dulu berada di lapisan atasnya di mana ada rekahan. Pemerintah meminta Lapindo untuk melakukan seismik sebelum menjalankan rencana tersebut.

(seperti dilansir dari Berita Satu)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...