Pemerintah Bahas Pelonggaran Investasi

Pemerintah Bahas Pelonggaran Investasi

Selasa, 12 Jan 2016 | 16:04 | Dani Gunawan
WinNetNews.com - Pemerintah Indonesia akan melonggarkan pembatasan yang selama ini dikenakan terhadap investasi oleh investor dalam dan luar negeri untuk menarik penanaman modal di tengah tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi.

"Pada hakekatnya, kalau ada restriksi terhadap sektor-sektor tertentu, jangan sampai malah diperketat restriksinya kecuali ada suatu studi yang menyimpulkan hal seperti itu harus dilakukan," kata Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution setelah memimpin rapat dengan beberapa menteri terkait tentang rencana revisi daftar negatif investasi.

Darmin menolak mengatakan sektor-sektor investasi apa yang akan dikendorkan pembatasan-pembatasannya. Dia berujar Presiden Joko Widodo untuk pertama kalinya Selasa sore akan menggelar sidang kabinet terbatas untuk membahas masalah tersebut.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bulan November meminta masukan dari masyarakat, pengusaha, asosiasi bisnis, dan kementerian tentang bidang usaha apa saja yang perlu ditinjau ulang batasan batasan investasinya. BKPM menargetkan bisa meluncurkan versi baru dari daftar negatif investasi tersebut akhir Maret atau awal April.

Selama dekade yang lalu, Indonesia berhasil menarik investasi modal asing yang besar, akan tetapi negara Asia Tenggara terbesar ini musti bersaing dengan Vietnam yang semakin dilirik oleh investor besar global seperti Samsung. (IMS)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...