Pemerintah Batalkan Aturan Ganjil-Genap di Tol Saat Mudik 2017
ilustrasi

Pemerintah Batalkan Aturan Ganjil-Genap di Tol Saat Mudik 2017

Rabu, 24 Mei 2017 | 11:17 | Rusmanto

WinNetNews.com - Wacana ganjil-genap bagi mobil pemudik yang melewati jalan tol gugur. Wacana itu tak jadi dilaksanakan.

"Sepertinya kita <em>take out</em> itu," kata Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menjawab pertanyaan wartawan mengenai jadi-tidaknya pelaksanaan ganjil-genap.

Hal itu disampaikan Luhut dalam jumpa pers seusai Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2017/1438 H di Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (23/5/2017). Hadir pula dalam rapat ini Menkominfo Rudiantara dan Kakorlantas Polri Irjen (Pol) Royke Lumowa.

"Walaupun finalnya akan kita kasih tahu berapa hari lagi," ujar dia.

Menhub Budi Karya pun menguatkan kecenderungan pemerintah membatalkan pelaksanaan wacana ganjil-genap. "Ganjil-genap, sesuai dengan yang dikatakan Pak Luhut, kemungkinan besar kita tidak adakan. Tapi akan kita finalisasi akhir minggu ini," tutur Menhub.

Wacana mengenai ganjil-genap ini awalnya disampaikan oleh Plt Gubernur DKI Sumarsono pada April lalu. Usulan itu disampaikan Sumarsono seusai rapat awal antisipasi arus mudik lintas institusi pemerintah yang berlangsung di kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman.

Wacana ganjil-genap di jalan tol saat mudik untuk kendaraan roda 4 ini untuk mencegah kemacetan, seperti yang terjadi di Gerbang Tol Brebes Timur exit (Brexit) pada 2016.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...